Minggu, Oktober 20

Jakarta

Wajah fresh dan kamera smartphone yang oke adalah kombinasi maksimal menghasilkan foto selfie. Ada sejumlah tips yang bisa kamu terapkan supaya hasil foto selfie maksimal.

Di acara Beauty Meets Tech Gadgetdiva yang digelar awal Oktober di Kafe Kumpul, Jakarta, make up artist (MUA) Elly Sitompul menjelaskan bahwa wajah fresh tidak selalu harus mengaplikasikan make up medok atau menor. Namun yang terpenting adalah membuat wajah terlihat tidak kusam.

“Semua fokus ada di mata. Intinya make up adalah mata,” kata MUA dengan sertifikasi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini.


MUA Elly Sitompul (pakaian hitam) memberi contoh dasar-dasar make up pada model. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

“Sorotan mata, kalau berbinar, segar, maka orang akan senang. Jadi eyeliner dan maskara paling penting, kalau memungkinkan pakai bulu mata, setelah itu lipstik. Alis pun ga boleh terlalu tajam karena terkesan galak, kurang ramah. Blush on, disamakan dengan baju. Bentuk wajah contour-nya harus menuju lonjong atau oval,” jelasnya.

MUA Elly Sitompul menyebutkan mata dan alis adalah fokus utama make up. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

Semua penjelasan Elly disertai praktik langsung oleh para peserta. Di acara ini, Elly sekaligus mengajarkan dan mengajak para peserta mengaplikasikan dasar-dasar merias wajah.

Tech reviewer Prasetyo Herfianto memberikan tips memaksimalkan kamera Redmi 14C untuk selfie. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

Selfie Angle dengan Redmi 14C

Jika wajah dirasa sudah cukup fresh, saatnya berfoto selfie dengan selfie dengan perangkat yang tepat, Redmi 14C misalnya. Kamera smartphone Redmi 14C memiliki kamera selfie 13 MP yang cocok untuk kebutuhan selfie dan video call. Resolusi ini meningkat dari resolusi kamera depan Redmi 13C 8 MP.

Kamera depan Redmi 14C dilengkapi fitur night mode dan software-level soft-light ring sehingga pengguna bisa selalu siap tampil kapan saja. Adapun kamera utamanya masih sama seperti pendahulunya, memiliki resolusi 50 MP (f/1.8). Baik kamera depan maupun kamera utama, dilengkapi dengan fitur FilmCamera yang menyediakan beragam filter untuk menciptakan hasil foto dan video yang memukau.

Tech reviewer Prasetyo Herfianto yang juga hadir di acara ini menyebut bahwa menghasilkan foto selfie terbaik sebetulnya relatif mudah, asalkan sudah menguasai sejumlah tips dasar seperti mengetahui angle wajah, framing, hingga memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone.

“Walaupun terjangkau, kamera Redmi 14C sudah sangat cukup untuk hasilkan selfie berkualitas, karena telah dibekali fitur seperti algoritma kecantikan yang tetap terlihat natural,” kata Pras, sapaan akrabnya.

Ini dia beberapa tips dari Pras yang bisa bikin foto selfie kalian lebih menarik lagi menggunakan Redmi 14C.

Hasil foto menggunakan kamera belakang Redmi 14C. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

1. Tentukan framing

Smartphone masa kini memiliki jenis sensor kamera depan berbeda-beda. Contohnya, ada yang punya sudut pandang lebar yang lebih pas untuk foto dalam grup. Untuk jenis kamera seperti ini, letakkan wajah di bagian tengah sensor agar wajah minim distorsi.

Untuk jenis sensor standar, ada baiknya juga meletakkan wajah di tengah, dan sisakan jarak dengan keempat sudut frame, agar wajah masih terlihat jelas saat terkena cropping media sosial seperti Instagram, atau foto profil WhatsApp.

2. Ketahui angle atau sudut wajah terbaik

Untuk yang satu ini, memang diperlukan latihan atau foto berulang kali hingga kalian benar-benar mengetahui angle atau sudut mana yang paling oke. Umumnya, selfie terbaik dilakukan dengan kamera sejajar bersama pandangan mata alias eye-level. Tinggal tentukan apakah sudut kiri atau sudut kanan wajah, maupun kemiringan tertentu yang lebih pas.

Contoh foto kamera depan Redmi 14C, sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) make up. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

3. Perhatikan latar

Akan lebih baik jika selfie diambil dengan latar yang tidak mengganggu, sehingga latar tidak mendominasi dan membuat foto wajah sebagai objek utama menjadi kurang menonjol.

4. Eksplorasi fitur kamera

Kamera smartphone masa kini memiliki beragam fitur, ada juga efek portrait hingga beauty. Fitur-fitur ini silakan dieksplorasi, termasuk saat sedang mengambil foto selfie.

Jangan takut untuk mencoba efek beauty yang disematkan, karena efek tersebut kini sudah bisa menyesuaikan wajah secara lebih natural. Manfaatkan pula timer atau gestur untuk ambil gambar demi meminimalisir hasil yang blur.

Contoh selfie dengan kamera depan Redmi 14C. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

5. Pastikan pencahayaan cukup

Cari sumber cahaya yang pas, hindari kondisi seperti backlight atau membelakangi cahaya agar foto bisa lebih cerah dan tajam tanpa meninggalkan noise pada wajah. Manfaatkan pula fitur seperti meningkatkan kecerahan layar smartphone, sebagai sumber cahaya tambahan ketika dalam kondisi lebih gelap.

6. Bersihkan kamera

Langkah-langkah lain yang sudah dibahas akan percuma jika kalian melewatkan hal yang satu ini, lensa kamera kotor. Terlihat sepele tapi dampaknya sangat penting.

Terletak di bagian atas layar, kamera depan smartphone sering sekali tersentuh jari maupun telinga ketika sedang bertelepon sehingga mudah kotor. Nah, pastikan kamera sudah bersih dengan melapnya menggunakan kain lembut. Pastikan juga tidak ada halangan seperti lapisan antigores yang bisa mengganggu dan berpengaruh besar terhadap hasil gambar.

7. Jangan buru-buru

Terakhir, jangan terburu-buru. Berbeda dengan menangkap momen yang sedang lewat dari kamera belakang, selfie sering kali dilakukan dengan objek utama wajah kita sendiri. Karenanya, santai saja supaya hasil foto lebih maksimal serta minim blur.

Semoga tips ini bermanfaat dan foto selfie kalian cemerlang no blur-blur!

(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version