Rabu, Oktober 16


Jakarta

Sepanjang tahun 2024 ini, Timnas Vietnam sedang tidak baik-baik saja. The Golden Star Warriors kebanyakan kalah, pun posisinya di ranking FIFA merosot.

Timnas Vietnam sedang tidak bertaring. Tepatnya, selepas kepergian pelatih Park Hang-seo pada awal 2023.

Dua pelatih baru datang berganti. Diawali Philippe Troussier lalu digantikan Kim Sang-sik.


Di tangan Troussier, Timnas Vietnam tak berdaya di ajang Piala Asia. Mereka tersingkir di fase grup dan kalah tiga kali dari Jepang (2-4), Indonesia (0-1), dan Irak (2-3).

Lanjut di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Vietnam juga angkat koper lebih cepat. Vietnam finis di peringkat ketiga Grup F dengan enam poin, kalah dari Indonesia di atasnya (10 poin) dan Irak (18 poin).

Mei 2024, era Kim Sang-sik dimulai. Nyatanya, Kim juga butuh waktu.

Dari lima laga yang baru dijalani, Timnas Vietnam di tangan Kim cuma meraih satu kemenangan sisanya sekali seri dan tiga kali kalah. Satu-satunya kemenangan itu didapat pada ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Filipina 3-2 dan tidak berpengaruh banyak.

Dari tiga laga terakhir bertajuk laga persahabatan, Vietnam kalah 0-3 dari Russia, kalah 1-2 dari Thailand, dan diimbangi India 1-1.

Vietnam juga turun terus posisinya di ranking FIFA, kini di peringkat ke-116 dan itu jadi posisi terburuk dalam 17 tahun terakhir.

Sepanjang tahun 2024 ini dari seluruh kompetisi, Vietnam sekali menang dan sekali seri, sisanya sembilan kali kalah.

Saksikan Live DetikPagi:

(aff/mrp)

Membagikan
Exit mobile version