Kamis, Oktober 17

Jakarta

Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Timnas China di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Meski kekalahan itu terasa pahit, netizen menilai masih ada peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Dunia.

Dilansir dari detikSport, laga China vs Indonesia tersaji di Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, Selasa (15/10/2024). Indonesia tertinggal di babak pertama dengan skor 0-2. China mencetak gol via Behram Abduwelli (menit ke-23) dan Yuning Zhang (menit ke-44).

Pada babak kedua, Indonesia bisa mencetak satu gol balasan. Thom Haye mencetak gol pada menit ke-86. Indonesia sebenarnya menguasai jalannya permainan, namun tidak mampu menyamakan kedudukan.


Di linimasa media sosial, banyak netizen menyuarakan agar dukungan penuh tetap diberikan pada Tim Garuda karena peluang masih terbuka lebar. Stand up comedian @MamatAlkatiri meminta netizen berlaku adil dan tidak menghakimi pemain.

“Yang di pikir cuma asnawi banyak salah passing. Yang gak dipikir kalah jumlah pemain di tengah sehingga asnawi gak punya banyak opsi passing kedalam Dan setiap kekalahan ataupun seri apapun dicaci maki, sedih,” tulisnya di X.

“Timnas bagus meski kalah. Kegagalan & kesalahan bagian dari PENYEMPURNAAN. Selisih nilai sangat tipis. Peluang sangat terbuka lebar. Level kita sama dgn mereka, ada 3 tim yang bisa kita atasi penuh di sini. Satu akan bantu kita. Kita akan PANEN RAYA di GeBeKa. Percayalah,” sebut sebuah akun yang memancarkan rasa optimisme.

“Tim ini serba baru , banyak pemain baru , baru ikutan kualifikasi piala dunia ronde 3, menurut ku udah keren bgt Timnas ku , masih ada peluang, ayo berbenah jg coba2 lg line up nya , optimis poin penuh di home, apapun hasilnya tetap semangat dukung Garuda,” sebut netizen yang lain. “Yah mau gimana ya. Kalah bukan berarti kiamat. Kita harus belajar melawan parkir bus. Oke semangat….semangat,” tulis yang lain.

“Sebenarnya kita itu terlalu terbuai sama omongan pengamat.padahal timnas baru masuk kolam yg besar artinya apa ya normal klo gagal 1 game masih ada game yg lain,dan peluang itu masih ada klo dri hasil pertandingan tim yg lain peringkat 3 dan 4 masih bisa di gapai,” sebut komentar selanjutnya.

“Ekspektasi itu berawal dari mimpi kita dan kenyataan sebelumnya di 3 game awal (bukan hanya 1 kali), bahwa timnas punya potensi 2nd pos atau 3. sekrng dapat posisi 3-4 sih masih ada peluang, NEVER STOP DREAMING,” cetus komentar berikutnya.

Jepang menjadi satu-satunya tim yang belum kalah di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tim Samurai Biru sudah mengoleksi tiga kemenangan dan sekali imbang, sehingga memimpin klasemen dengan 10 poin.

Sementara lima tim sisanya hanya terpisahkan dua poin satu sama lain. Australia, Arab Saudi, dan Bahrain mengumpulkan lima poin, Indonesia dan China masing-masing punya tiga poin.

Artinya kelima tim masih punya kans lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Dengan asumsi Jepang tak tersentuh, posisi runner-up masih terjangkau tim lain. Selain itu, peluang lolos lewat jalur babak keempat kualifikasi juga tersedia. Dari babak ini, dua tim pemuncak grup bisa lolos langsung sementara runner-up maju ke babak kelima untuk tiket play-off.

(fyk/fyk)

Membagikan
Exit mobile version