Senin, September 16


Jakarta

Tim Indonesia bakal memakai seragam yang dibuat oleh desainer Didit Hediprasetyo di opening ceremony Olimpiade 2024. Seragam itu merupakan perpaduan antara modernitas dan tradisi.

Olimpiade 2024 akan secara resmi dibuka pada Jumat (26/7), pukul 17.45 waktu setempat atau Sabtu (27/7) pukul 00.45 dini hari WIB. Paris sendiri mengambil lokasi sungai Seine sebagai tempat untuk kontingen-kontingen negara melakukan parade dengan menumpang perahu di sepanjang sungai dari Pont d’Austerlitz ke Pont d’Iena.

Menyambut pesta olahraga terbesar sejagat raya itu, kontingen tiap negara pun bersiap dengan kontes seragam tim yang akan dipamerkan saat defile opening ceremony Olimpiade 2024. Termasuk Tim Indonesia yang telah menyiapkan kostumnya untuk disajikan saat parade atlet di atas kapal.


Mengutip laman Vanity Fair, dijelaskan bahwa kreasi seragam Indonesia pada pembukaan Olimpiade 2024 terinspirasi dari warisan artistik dari Raden Saleh, seorang pelukis romantis kelahiran Jawa.

Seragam defile Tim Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. Foto: Instagram @timindonesiaofficial

Perjalanan sang seniman dari Jawa Tengah ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 menjadi cermin kebangkitan Indonesia di panggung dunia. Karya-karyanya, yang dapat ditemukan di aula Rijksmuseum dan Louvre, merupakan perpaduan antara akar budaya Jawa dan romantisme Eropa, sebuah perpaduan yang disampaikan dengan apik oleh Didit.

“Tujuan saya adalah untuk menciptakan desain yang mewujudkan kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita, sekaligus memastikan para atlet kita tampil maksimal saat berkompetisi di pentas dunia,” ujar Didit Hediprasetyo, seperti dikutip detikSport.

Dijelaskan lebih lanjut, seragam juga mempertimbangkan kebutuhan para atlet Olimpiade. Seragam ini menawarkan kenyamanan maksimal dan kemudahan bergerak berkat kain berkualitas tinggi yang dapat bernapas, termasuk denim Indonesia stonewashed dan beludru mewah serta kaus sutra dalam palet warna primer yang mencolok.

Untuk pakaian pria terinspirasi dari biker dengan jaket denim luntur yang berakar dari beskap, pakaian tradisional pria Jawa, dan dipasangkan dengan celana panjang putih yang sejuk untuk tampilan yang atletis.

Terdapat pula lambang negara Indonesia yang ditonjolkan dengan garis-garis kulit merah dan putih, hingga penutup kepala pria Jawa yang anggun, blangkon dengan sentuhan kulit dan denim kontemporer.

Sementara itu, seragam wanita menampilkan atasan Kebaya Kutubaru dengan warna merah tua yang kaya dan dilengkapi dengan celana olahraga putih. Perpaduan ini menampilkan kesan sporty dan keanggunan yang agung.

Indonesia meloloskan 29 atlet ke Olimpiade 2024 dari 12 cabang olahraga. Yaitu bulutangkis, angkat besi, panahan, balap sepeda, rowing, senam, atletik, selancar, judo, menembak, renang, dan panjat tebing.

Seragam defile Tim Indonesia untuk Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024. Foto: Instagram @timindonesiaofficial

(mcy/nds)

Membagikan
Exit mobile version