Sabtu, Juli 6

Jakarta

TikToker Bima Wibowo membagikan lima langkah untuk mengatasi kecanduan pornografi, masturbasi, dan orgasme (PMO). Videonya pun telah ditonton 1,6 juta kali.

Di akun @fitbybim, seleb TikTok dengan 60.000 lebih pengikut ini menjelaskan bahwa tips tersebut berdasarkan pengalamannya sendiri. Langkah pertama, Bima menyebut bahwa kita harus meyakini aksi itu bisa kita kontrol.

“Kita bisa stop kalau kita niat dan usaha mau stop,” ujarnya.


Langkah kedua adalah menentukan tujuan untuk stop, misalnya, tujuannya untuk lebih percaya diri atau memiliki hubungan yang lebih baik dengan pasangan. Tanpa tujuan, seseorang akan mudah kembali kecanduan.

Selanjutnya, Bima menyarankan untuk menyibukkan diri dengan aktivitas produktif. Pastikan jadwal seharian terisi penuh dengan kegiatan bermanfaat seperti olahraga atau main dengan sahabat. Sebab, PMO biasa terjadi ketika seseorang merasa bosan.

@fitbybim Cara gua stop kecanduan PMO. Semangat bro, gua tau lu bisa. It’s totally worth it 👌 #StopRebahanStartPerubahan #PMO #addiction ♬ Storytelling – Adriel

“Yang keempat, gue tahu di HP lu ada VPN, ada website, ada aplikasi, apapun itulah yang lu gunakan untuk lihat ‘film’. Hapus sekarang juga,” sarannya.

Semakin sulit akses untuk melihat gambar maupun video yang membangkitkan gairah akan membuat kamu lebih mudah terlepas dari keinginan itu. Kamu juga jadi punya waktu untuk mengingat kembali tujuan yang sudah kamu tentukan.

“Langkah kelima, ini rahasianya. Setiap lu ngerasa mau, tahan, sekali aja. Ngerasa mau lagi, tahan lagi, sekali aja. Nanti lu bakal kebiasa dan ngerti bahwa lu tuh nggak butuh PMO sebenarnya,” tutur Bima.

Ketimbang terpaku dengan keinginan tersebut, bangkit dari kasur dan kerjakan hal lain yang harus kamu kerjakan saat itu.

Terakhir, Bima punya ekstra tips nih, detikers. Menurut pengalamannya, pergi ke gym sangat membantunya lepas dari PMO. Jadi, buat yang mau memulai usaha ini, cobalah untuk berolahraga.

Di kolom komentar, netizen berbondong-bondong menuliskan ceritanya. Total ada 1.035 komentar saat berita ini ditulis detikINET, Senin (1/7/2024).

Sorry bukannya pamer,tapi gw udh berhenti 8 bulan dan gw bangga😁,” aku pr*n.

“bismillah day 1,” tulis Fi**an Fir**n**ah.

“alhamdulillah udh hampir sebulan nih 😁,” kata netter.

“gua udah day 401 hari bismilah besok day 402,” timpal yang lain.

“INTINYA SEMUA ITU SEBISA KITA GIMANA KITA NGONTROL SEMUANYA,” ucap warganet.

(ask/afr)

Membagikan
Exit mobile version