Minggu, Oktober 6


Jakarta

Thailand mendapat sebuah keajaiban. Gajah di sana melahirkan anak kembar.

Mengutip BBC, Sabtu (15/6/2024), seekor gajah Asia melahirkan sepasang anak kembar yang langka di Thailand. Oleh para pawang itu digambarkan sebagai sebuah keajaiban.

Sang induk, Chamchuri yang berusia 36 tahun, tidak diperkirakan akan melahirkan anak kembar. Ketika ia melahirkan anak gajah jantan pada hari Jumat lalu, para staf di Istana Gajah Ayutthaya dan Royal Kraal mengira proses persalinan telah selesai.


Namun ketika sedang membersihkan anak gajah pertama dan membantunya berdiri, mereka mendengar bunyi gedebuk yang keras dan menyadari bahwa Chamchuri telah melahirkan anak gajah kedua, seekor anak gajah betina.

Kelahiran kedua ini membuat sang induk panik dan para penjaga harus menahannya agar tidak menginjak anak gajah betina. Seorang penjaga terluka dalam insiden tersebut.

Rekaman dramatis di media sosial menunjukkan kerumunan pawang, yang dikenal sebagai mahout, dengan panik memisahkan anak gajah betina dari induknya. Terlihat darah dari kelahiran masih mengalir di kaki belakangnya.

Gajah kembar di Thailand (Foto: BBC)

1% kelahiran

Kelahiran kembar hanya terjadi pada satu persen kelahiran gajah dan jantan-betina bahkan lebih jarang lagi, menurut Save the Elephants, sebuah organisasi penelitian.

“Begitu kami menarik bayi gajah kedua keluar, menjauh dari induknya, bayi itu berdiri. Kami semua bersorak karena ini adalah keajaiban,” kata dokter hewan Lardthongtare Meepan.

“Kami selalu ingin melihat gajah kembar, tetapi tidak semua orang bisa melihatnya karena ini jarang terjadi,” kata Meepan, yang dibesarkan di taman gajah.

Charin Somwang, seorang mahout berusia 31 tahun, mengalami patah kaki saat menahan induk gajah.

“Saya sangat senang, saya tidak bisa merasakan sakitnya,” katanya dan menambahkan bahwa ia baru merasakan parahnya luka-luka itu saat dibawa ke rumah sakit.

“Adalah hal yang normal jika seorang ibu yang baru melahirkan akan selalu berusaha menendang atau mendorong bayinya. Saya takut dia akan mematahkan tulang bayi gajah itu, jadi saya maju dan mencoba menghalangi induk dari bayi gajah yang lebih kecil,” kata Somwang, yang telah bekerja di taman nasional itu selama 15 tahun.

Gajah dianggap suci di Thailand, yang mayoritas penduduknya beragama Buddha. Mereka juga merupakan simbol nasional.

Sejak kelahirannya, Istana Gajah Ayutthaya dan Royal Kraal telah menampilkan si kembar dalam siaran langsung di media sosial.

Pengunjung taman, termasuk anak-anak, juga diizinkan untuk melihat si kembar, tetapi hanya setelah mendisinfeksi alas kaki dan tangan mereka.

Simak Video “Penyelamatan Dramatis Ibu-Bayi Gajah yang Jatuh ke Lubang di Thailand
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version