Selasa, Juli 2

Jakarta

Normalnya, pria punya dua testis atau buah zakar. Namun pada kondisi tertentu, hanya teraba satu testis atau bahkan tidak ada yang teraba sama sekali.

Kondisi ini dialami pria dengan undescended testis (UDT). Urolog dari Rumah Sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), dr Putu Angga Risky Raharja, SpU, FICS, menjelaskan, kondisi ini lazim ditemukan pada bayi meski tak jarang pula dialami pria dewasa.

“Sebenarnya testis itu mulanya ada di rongga perut. Seiring perkembangannya, dia akan mengalami proses penurunan,” jelas dr Angga dalam perbincangan dengan detikcom.


Dalam perkembangannya, testis akan bergerak menuju kantong zakar atau skrotum. Proses ini terjadi sejak dalam kandungan, sehingga normalnya testis akan sudah teraba saat bayi laki-laki dilahirlan.

“Kalau proses penurunan itu tidak berjalan semestinya, masih mungkin berada di rongga perut atau di daerah selangkangan,” kata dr Angga.

Undescended testis ditandai dengan tidak terabanya salah satu atau kedua testis. Umumnya terdeteksi sejak bayi, namun ada juga yang menganggap satu testis sebagai hal yang wajar sehingga tidak diperiksakan hingga dewasa.

NEXT: Apakah berbahaya?

Simak Video “Sejumlah Penyebab Terjadinya Testis Tidak Turun pada Bayi
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version