Kamis, September 19

Jakarta

Apple biasanya tidak mengungkap spesifikasi iPhone terbaru secara rinci, termasuk RAM dan kapasitas baterainya. Namun SVP Hardware Technology Apple Johny Srouji tiba-tiba mengonfirmasi bahwa semua model iPhone 16 kini dilengkapi RAM 8GB.

Hal ini diutarakan Srouji dalam wawancara dengan YouTuber Geekerwan. Ini menandakan pertama kalinya Apple mengonfirmasi kapasitas RAM di iPhone 16 series.

Konfirmasi dari Srouji ini juga memastikan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus mendapatkan upgrade RAM dari generasi sebelumnya. Tahun lalu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki RAM 6GB sedangkan iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki RAM 8GB.


Apple memang dikenal pelit dalam memberikan kapasitas RAM besar di iPhone. Sebagai perbandingan, Galaxy seri S terakhir yang punya kapasitas RAM di bawah 8GB adalah Galaxy S10 keluaran 2019, atau lima tahun yang lalu. Sejak Galaxy S20 yang dirilis tahun 2020, kapasitas RAM terkecilnya adalah 8GB.

Namun kali ini tampaknya Apple mau tak mau harus meningkatkan kapasitas RAM di iPhone 16 menjadi 8GB karena diperlukan untuk menjalankan Apple Intelligence.

RAM yang lebih kecil diyakini menjadi salah satu alasan mengapa Apple Intelligence tidak tersedia di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dalam wawancaranya, Srouji mengatakan Apple Intelligence jadi salah satu aspek saat menentukan hardware yang dibutuhkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

“Kami memiliki banyak data yang memberi tahu kami apa yang akan mengaktifkan fitur tertentu, dan Apple Intelligence adalah salah satu fitur yang sangat-sangat penting yang ingin kami aktifkan,” kata Srouji, seperti dikutip dari 9to5Mac, Minggu (15/9/2024).

“Jadi, Apple Intelligence adalah fitur baru yang membuat kami yakin bahwa kami perlu menggunakan 8GB,” sambungnya.

Tidak hanya untuk Apple Intelligence, Srouji mengatakan RAM 8GB juga bisa meningkatkan pengalaman pengguna lainnya, termasuk gaming. Bahkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus kini diklaim bisa memainkan game AAA dan game high-end dengan lancar.

RAM iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max tidak mengalami perubahan, masih 8GB. Namun rumor yang beredar mengklaim iPhone 17 Pro Max yang rilis tahun depan akan mendapatkan upgrade RAM menjadi 12GB.

Apple Intelligence akan tersedia untuk iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menjalankan chip M1 atau lebih baru.

Layanan berbasis kecerdasan buatan generatif ini akan digulirkan ke semua perangkat yang memenuhi syarat mulai bulan Oktober. Saat ini pengguna bisa menjajal Apple Intelligence versi awal dengan menginstal iOS 18.1 versi beta.

(vmp/asj)

Membagikan
Exit mobile version