Minggu, Januari 12


Jakarta

Direktur PT Bukalapak.com Tbk Victor Lesmana bertemu dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso usai Bukalapak mengumumkan akan menyetop layanan penjualan produk fisik. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (10/1) lalu.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai pertemuan tersebut, Head of Media & Communication Bukalapak Dimas Bayu mengatakan pihaknya memperjelas fokus bisnis Bukalapak ke depannya.

“Pada dasarnya, audiensi dengan Kemendag untuk memperjelas penajaman fokus bisnis Bukalapak ke depannya,” kata Dimas kepada detikcom, Minggu (12/1/2025).


Dalam pertemuan tersebut, Dimas menjelaskan ada beberapa poin yang disampaikan pada pertemuan tersebut sama seperti yang diumumkan ke publik. Di antaranya, platform marketplace Bukalapak tetap beroperasi dan dapat diakses para pengguna untuk layanan lainnya.

“Dengan tetap beroperasinya marketplace Bukalapak, Bukalapak tidak melakukan perubahan kegiatan usaha. Selanjutnya, penghentian layanan penjualan produk fisik di platform Marketplace Bukalapak tidak memberikan dampak yang material terhadap pendapatan perusahaan,” terang Dimas.

Selanjutnya, Bukalapak akan fokus pada layanan produk virtual. Dalam hal ini, Bukalapak dapat memperkuat posisinya dalam ekosistem digital serta memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

Selain berfokus pada produk virtual, Dimas menjelaskan pihaknya juga telah mengembangkan berbagai lini bisnis baru, seperti Mitra Bukalapak, gaming, investment, dan retail selama beberapa tahun terakhir.

“Kami melihat prospek bisnis yang positif di segmen-segmen ini, yang juga menjadi bagian dari strategi pertumbuhan perusahaan,” imbuh Dimas.

Sebelumnya, PT Bukalapak.com Tbk baru saja memutuskan untuk menyetop layanan penjualan produk fisik di marketplace mereka. Kebijakan ini mulai berlaku efektif pada Februari 2025.

Platform ini akan berfokus pada penjualan produk virtual seperti token listrik, pulsa, paket data, dan lain sebagainya. Langkah itu dinilai akan memperkuat posisi Bukalapak dalam ekosistem digital.

Selain berfokus pada produk virtual, Bukalapak telah mengembangkan berbagai lini bisnis baru seperti Mitra Bukalapak, Gaming, Investment, dan Retail selama beberapa tahun terakhir. Bukalapak melihat prospek bisnis yang positif di segmen-segmen ini, yang juga menjadi bagian dari strategi pertumbuhan perusahaan.

“Kami ingin menginformasikan bahwa Bukalapak akan menjalani transformasi dalam upaya untuk meningkatkan fokus pada Produk Virtual. Sebagai bagian dari langkah strategis ini, kami akan menghentikan operasional penjualan Produk Fisik di Marketplace Bukalapak,” kata Bukalapak dikutip dari keterangan Bukalapak dalam blog resminya, Selasa (7/1/2025).

Simak Video: Bukalapak Tutup Operasional Jualan Produk Fisik

[Gambas:Video 20detik]

(acd/acd)

Membagikan
Exit mobile version