Kamis, Oktober 3

Jakarta

Selain durian yang sering dianggap sebagai ‘raja buah’, rupanya ada telur yang dianggap sebagai ‘raja superfood’. Hal ini karena keistimewaan nutrisi yang dimiliki telur.

Telur merupakan salah satu makanan yang telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Bahkan, makanan ini sudah ada sejak dahulu kala dan terkenal menawarkan profil nutrisi yang hebat.

Telur kaya protein serta mengandung 13 vitamin dan mineral penting. Menurut para ahli yang disebut Times of India, 60% protein berkualitas tinggi dalam telur dapat ditemukan di bagian putih telurnya. Sedangkan, kuning telur mengandung sisanya, bersamaan dengan lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan penting.


Telur juga disebut sebagai ‘King of Superfood’ atau raja dari makanan super. Berikut alasannya, seperti dilansir dari Times of India (27/09/2024):

1. Nilai gizi telur

Telur mengandung nilai gizi melimpah yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Foto: Pixabay/CrafterChef

Telur mengandung nutrisi beragam. Dalam tiap telur ukuran besar mengandung 24 kalori dengan 5 gram lemak, 6 gram protein, dan 9 asam amino esensial.

Telur juga kaya akan zat besi, fosfor, selenium, dan vitamin A, B12, B2, dan B5. Menurut ahli, makanan ini juga mengandung sekitar 169 miligram kolin yaitu nutrisi penting untuk kelancaran fungsi otak.

Dengan kandungan nutrisi seperti itu, mengonsumsi telur merupakan pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Rata-rata 2 butir telur mengandung 82% kebutuhan vitamin D harian, 50% kebutuhan folat harian, 25% kebutuhan riboflavin harian, dan 40% kebutuhan selenium harian.

2. Tinggi protein

Tentu di dalam telur terkandung protein dalam jumlah tinggi. Foto: iStock

Protein punya peran penting untuk kesehatan tubuh. Asupan protein yang cukup dapat membantu memperkuat dan memperbaiki otot dan jaringan.

Kandungan protein tinggi bisa ditemui dalam telur. Dalam satu butir telur terkandung 6,3 gram protein. Selain itu, telur mengandung 9 asam amino esensial yang bagus untuk pertumbuhan, pemulihan, dan pemeliharaan otot yang efektif.

Selain sebagai sumber protein, telur juga membantu meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) atau kolesterol ‘baik’ yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Alasan lain yang membuat telur disebut ‘Raja makanan super’ bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version