Minggu, Oktober 27


Jakarta

Pria asal China dipuji warganet karena baktinya terhadap orang tua. Ia menjual harta bendanya dan melakukan perjalanan melintasi China dengan menggendong ibunya yang lumpuh.

Melansir Oddity Central, Minggu (27/10/2024), adalah Xiao Ma (31) yang melakukan perjalanan dengan ibunya tercinta. Ia menggendong ibunya di punggung layaknya ketika sang ibu menggendongnya saat bayi.

Sebelumnya, orang tuanya terlibat dalam kecelakaan mobil yang mengerikan dan merenggut nyawa sang ayah. Sementara ibunya menjadi lumpuh karena kecelakaan tersebut.


Xiao Ma yang saat itu berusia delapan tahun bersama kakak perempuannya mesti merawat diri mereka sendiri serta sang ibu. Ibunya didiagnosis menderita atrofi otak karena kecelakana tersebut.

Tumbuh dewasa, Ma bekerja di ladang memetik kapas serta magang di berbagai bidang hingga akhirnya membuka restoran sendiri di Xinjiang. Sebagian besar uang yang ia hasilkan digunakan untuk membiayai kesembuhan ibunya.

Kerja kerasnya nampaknya berhasil, saat ibunya secara perlahan dapat meninggalkan tempat tidur, duduk di kursi roda, bahkan melakukan beberapa langkah kecil. Sayangnya, beberapa tahun lalu Xiao Ma mendapat kabar buruk bahwa atrofi otak yang diderita ibunya tidak dapat disembuhkan dan berkembang dengan sangat cepat.

Sejak saat itulah dia memutuskan untuk memanfaatkan waktu yang tersisa bersamanya. Bahkan, alih-alih fokus pada bisnisnya, Xiao Ma memutuskan untuk menjual berbagai hartanya seperti rumah dan mobil. Itu ia lakukan agar dapat membawa ibunya melakukan perjalanan keliling China.

Otak sang ibu mengalami kemunduran yang disebut sebanding dengan otak anak kecil. Sehingga Ma ingin menghabiskan waktu sebanyak mungkin bersamanya.

Alhasil, mereka telah mengunjungi Gunung Tianshan, Danau Tianchi, beberapa tempat lainnya di Xinjiang, lapangan Tiananmen, dan Tembok Besar Beijing.

Kini, sang ibu tak lagi mampu berbicara. Namun, ia selalu tersenyum saat mereka bepergian.

“Cinta tidak menunggu, bakti tidak pernah terlambat, dan tindakan adalah jawaban terbaik,” ucap Xiao Ma.

“Ibu saya menggendong saya ketika saya masih kecil, dan sekarang saya menggendongnya,” tambahnya.

Foto-foto pria berusia 31 tahun itu bersama ibunya pun viral di media sosial China dan mengundang banyak pujian.

“Rumah adalah tempat ibu saya berada,” kata Xiao Ma ketika ditanya kapan dia berencana untuk kembali ke rumah. Ia juga menambahkan bahwa dia tidak ingin hidup dengan penyesalan terkait tahun-tahun terakhir ibunya di bumi ini.

(wkn/wkn)

Membagikan
Exit mobile version