Senin, Juli 1


Jakarta

Terowongan laut jenis ini akan menjadi yang terpanjang di dunia saat usai dibangun. Mega proyek itu bukan berada di China yang belakangan gencar membangun infrastruktur transportasi.

Mengutip CNN, Kamis (27/6/2024), terowongan laut itu hingga 40 meter di bawah Laut Baltik. Mahakarya ini akan menghubungkan Denmark dan Jerman yang memangkas waktu perjalanan ketika dibuka pada tahun 2029.

Elemen terowongan pertama dari Terowongan Fehmarnbelt diresmikan pada 17 Juni oleh Raja Frederik X dari Denmark. Itu merupakan momen bersejarah empat tahun setelah konstruksi dimulai pada tahun 2020, dengan lebih dari satu dekade perencanaan sebelumnya.


Di sisi Denmark, di sebelah timur Rødbyhavn, ada sebuah pabrik yang akan membangun 89 bagian beton besar yang akan membentuk terowongan telah selesai dibangun tahun lalu.

Fermern A/S, perusahaan milik negara Denmark yang bertanggung jawab atas proyek ini, mengatakan bahwa pabrik ini merupakan fasilitas produksi terbesar dan tercanggih dari jenisnya.

Pembangunan terowongan laut Fehmarnbelt Fixed Link (Foto: CNN)

Terowongan laut ini akan memiliki panjang 18 kilometer dan merupakan salah satu proyek infrastruktur terbesar di Eropa. Anggaran pembangunannya lebih dari 7 miliar euro.

Sebagai perbandingan, Terowongan Channel sepanjang 50 kilometer yang menghubungkan Inggris dan Prancis, yang selesai dibangun pada tahun 1993, menelan biaya setara dengan 12 miliar poundsterling (USD 13,6 miliar) pada saat ini.

Meskipun lebih panjang dari Terowongan Fehmarnbelt, Terowongan Channel dibuat dengan menggunakan mesin bor, bukan dengan meletakkan bagian terowongan yang telah dibuat sebelumnya.

Jalur itu akan dibangun melintasi Fehmarn Belt, selat antara Pulau Fehmarn di Jerman dan Pulau Lolland di Denmark. Keberadaannya dirancang sebagai alternatif dari layanan feri yang ada saat ini, yaitu dari Rødby dan Puttgarden, yang mengangkut jutaan penumpang setiap tahunnya.

Jika penyeberangan saat ini memakan waktu 45 menit dengan kapal feri maka nanti hanya memakan waktu tujuh menit dengan kereta api dan 10 menit dengan mobil.

Terowongan tersebut, yang memiliki nama resmi Fehmarnbelt Fixed Link, juga akan menjadi terowongan jalan raya dan rel kereta api terpanjang di dunia dari jenisnya.

Terowongan itu direncanakan terdiri dari dua jalan raya jalur ganda yang dipisahkan oleh lorong pemeliharaan dan dua jalur kereta api yang dialiri listrik.

(msl/fem)

Membagikan
Exit mobile version