Kamis, Oktober 10


Jakarta

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memberdayakan pekerja volunteer selama gelaran MotoGP Mandalika kemarin. Segini honor yang diterima para volunteer itu.

MGPA membuka lowongan sebagai volunteer pada gelaran MotoGP Mandalika 2024. Volunteer itu kemudian diseleksi dan bagi yang terpilih akan mendapat sesi pelatihan intensif agar bisa menjalankan tugas dengan optimal.


Volunteer itu terbagi dalam beberapa bidang pekerjaan seperti marshal, hospitality, crowd control, sekuriti, cleaning service, waste management, government relation, media center, helper, runner, dan LO Shuttle bus.

Selama gelaran MotoGP Mandalika pada 27-29 September kemarin, diketahui ada sekitar 2.500 volunteer yang diberdayakan MGPA. Menariknya, ribuan volunteer itu ber-KTP NTB. Ini sesuai dengan misi InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan MGPA untuk memberdayakan kemampuan warga lokal NTB pada berbagai ajang yang dilangsungkan MGPA di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika itu.

“Kami di MGPA sangat bangga bahwa MGPA bisa mengkaryakan putera/puteri daerah dalam perhelatan sekelas International. Tentunya pasti ada kekurangan di berbagai area, namun ini baru tahun kedua MGPA berusaha memaksimalkan pendayagunaan tenaga volunteer lokal. Kami akan tetap memberikan berbagai pelatihan dari waktu ke waktu, sehingga tenaga volunteer lokal NTB semakin cakap,” terang Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam siaran pers yang diterima detikOto.

Untuk diketahui, volunteer tersebut mendapat kompensasi honor per hari. Besaran kompensasi honor itu sekitar Rp 150-250 ribu per hari. Besar honor tergantung dari shift yang dijalani para volunteer tersebut, mulai dari Daily Shift, Long Shift, atau penugasan khusus. Selain honor, volunteer juga diberikan BPJS Tenaga Kerja berupa Jaminan Kematian dan Jaminan Kecelakaan kerja.

Selama bekerja, volunteer mendapat makan pagi, siang, dan malam. Tak cuma itu, MGPA juga memberikan sertifikat yang ditandatangani MGPA, ITDC, dan Dorna.

Rata-rata volunteer itu bekerja selama 3-6 hari. Total hari bekerja itu berbeda tergantung dengan kebutuhan di masing-masing divisi. Selama ajang MotoGP Mandalika itu, total biaya yang dikeluarkan untuk membayar volunteer sebesar Rp 1,2-1,4 miliar.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version