Senin, Juli 8

Jakarta

Memiliki tubuh yang sehat dan hidup panjang umur menjadi impian banyak orang. Salah satu cara orang-orang tertua di dunia untuk menjaga kesehatan ada asupan makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Dikonsumsi rutin oleh warga blue zone, minuman apa saja yang mereka konsumsi agar bisa memiliki angka harapan hidup tinggi? Berikut ini adalah beberapa di antaranya dikutip dari Well and Good:

1. Teh Hijau

Warga di wilayah blue zone Okinawa, Jepang menjadikan teh hijau sebagai salah satu minuman favorit dan mengonsumsinya setiap hari. Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang baik untuk tubuh.


Ahli diet Neva Cochran mengatakan antioksidan flavanol yang ada di dalam teh hijau dikaitkan dengan penurunan kolesterol jahat. Tak sedikit penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara konsumsi teh hijau dan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Selain flavanol, teh hijau juga mengandung antioksidan katekin yang bermanfaat untuk melindungi diri dari radikal bebas. Kandungan kafein dan asam amino L-theanine membantu melindungi otak.

“Polifenol dalam teh hijau juga meningkatkan pembentukan tulang dan menghambat kerusakan tulang sehingga menghasilkan kekuatan tulang yang lebih besar,” kata Cochran.

2. Kopi Hitam

Kopi hitam tanpa gula tambahan sangat disarankan karena memiliki kafein dan banyak sekali antioksidan yang baik untuk tubuh. Kopi juga mengandung vitamin B5 untuk sel darah, mangan untuk perkembangan tulang dan metabolisme, serta potasium untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Beberapa zat lain yang mungkin ditemukan dalam kopi hitam seperti magnesium untuk membantu produksi energi dan memperbaiki tidur dan niacin yang berguna mengubah vitamin menjadi energi yang bisa digunakan.

Secara keseluruhan, konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe dua, depresi, penyakit neurodegeneratif, kanker, hingga penyakit hati.

“Ini dikonsumsi hampir seperti minuman lainnya dan tidak seperti minuman ringan,” kata peneliti blue zone Dan Buettner.

Membagikan
Exit mobile version