Rabu, Juli 3


Jakarta

Saat makan di restoran, pengunjung kerap memanggil pelayan untuk berbagai kebutuhan. Tak asal panggil, ternyata ada cara elegan memanggil pelayan restoran.

Makan di restoran sering dilakukan seseorang bersama teman atau keluarga saat akhir pekan. Menikmati makanan buatan chef tentunya terasa nikmat, apalagi didampingi pelayan restoran yang sigap.

Pelayan bertugas memastikan semua kebutuhan pengunjung restoran terpenuhi. Terkadang pengunjung kerap memanggil mereka untuk berbagai kebutuhan, seperti kelengkapan menu dan alat makan.


Saat memanggil pelayan restoran, ternyata ada etiketnya agar terlihat elegan dan sesuai dengan tatakrama. Pakar etiket Ellen Tendean melalui unggahan Instagram ellen.tendean (17/6/2024) mengungkap cara yang tepat.

Ia mengingatkan walaupun seseorang berkunjung ke restoran sebagai tamu undangan atau bayar sendiri, bukan berarti bisa berperilaku semaunya.

“Dalam acara jamuan makan resmi biasanya pelayan akan selalu standby di sekeliling meja. Memanggil waiter tidak perlu bersuara,” kata Ellen. Caranya cukup menganggukkan kepala sebagai isyarat ke pelayan restoran.

Panggil pelayan dengan tangan, batasnya ujung jari hanya sampai setinggi telinga saja. Foto: Instagram ellen.tendean

Kalau pelayan restoran tidak datang atau tidak melihat, bisa angkat tangan dengan elegan sambil melihat ke pelayan. Batasnya ujung jari hanya sampai setinggi telinga saja. Pengunjung restoran tidak perlu mengangkat tangan tinggi-tinggi sampai melebihi kepala seperti tunjuk tangan di dalam kelas.

“Di restoran yang kasual, biasanya pelayan lebih sibuk dan tidak standby di sekitar meja. Dalam situasi ini, tentu kalian bisa memanggil dengan bersuara sembari memberi isyarat dengan tangan diangkat sedikit melebihi kepala dan menengok ke pelayan terdekat yang kebetulan lewat,” katanya.

Satu hal yang pasti, Ellen tidak menyarankan memanggil pelayan dengan menjentikkan jari atau menyalakan korek api seperti di diskotik.

Cara panggil pelayan restoranCara panggil pelayan restoran di restoran kasual. Foto: Instagram ellen.tendean

Melihat unggahan ini, banyak netizen merasa tercerahkan dengan ilmu yang dibagikan disebut mahal. Namun tak sedikit juga yang curhat kalau mereka kerap menemukan pelayan restoran yang pura-pura tidak lihat atau tidak memastikan tamu mendapat pelayanan baik.

“Aku mah sampai put your hands up in the air. Soalnya nggak kedengeran terus kalau manggil,” curhat seorang netizen. “Persoalannya bukan tamu atau pelanggannya, tapi justru pelayannya. Sudah manggil dengan standar manner, dia tetap nggak datang dan kadang pura-pura nggak lihat,” sahut netizen lain.

[Gambas:Instagram]

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version