Rabu, Oktober 2


Jakarta

Seorang pelanggan memutuskan memberikan uang tip tunai. Sayangnya pengantar makanan ini terlanjur lakukan hal tak menyenangkan dan kabur karena malu.

Ketika memesan makanan secara online ada beberapa cara pembayaran yang tersedia oleh aplikasi. Baik menggunakan dompet elektronik, kartu bank yang telah dibubuhkan, maupun pembayaran yang tetap menggunakan uang tunai.

Sebagian orang seringkali memisahkan pembayaran makanannya agar lebih mudah. Misalnya pembayaran makanan dilakukan dengan dompet digital tetapi untuk uang tip atau biaya parkir pengemudi diberikan secara tunai.


Hal ini juga yang dilakukan oleh seorang wanita saat memesan makanannya. Sayangnya pengantar makanan yang bertugas untuknya terlanjur melakukan hal tak sopan gegara tak ada uang tip pada aplikasi.

Baca juga: 20 Bakwan Pontianak yang Gurih Renyah Ada di Tempat Ini!

Seorang pengantar makanan menolak uang tip dari pelanggannya. Foto: X/PicturesFoIder

Melansir akun X @PictureFoIder (27/9) seorang wanita yang merahasiakan namanya membagikan rekaman dari pintu rumahnya. Suatu malam ia memesan makanan dari salah satu gerai Popeyes Reward di Amerika Serikat, ia juga memilih tak menyebutkan lokasi gerai secara persis.

Malam itu pesanannya cukup lengkap. Ada sekantung makanan dan minuman yang dipegangnya usai diterima dari pengantar makanan. Berkat kamera pengawas di pintu rumahnya kejadian tak menyenangkan terekam jelas.

Wanita tersebut hendak memberikan uang tip kepada pengantar makanan itu. Anehnya pengantar makanan justru menolak, padahal uang tip di Amerika Serikat adalah hal yang paling diharapkan oleh para pekerja jasa.

“Tidak usah (menolak uang tip). Simpan saja uang itu. Karena aku tidak melihat kamu memberikan tip pada aplikasi dan aku telah meletakkan surat kecil di dalamnya,” ujar pengantar makanan kepada pelanggannya.

Ternyata karena ia telah terlanjur menuliskan surat ancaman di dalam pesanannya. Foto: X/PicturesFoIder

Usai pengantar makanan itu berlalu, wanita tersebut masuk ke dalam rumah dan membuka pesanan makanannya. Ia dibuat terkejut dengan ‘surat kecil’ yang dimaksud oleh pengantar makanan tersebut.

“Kamu masih beruntung aku tidak mengganggu makanan milikmu. Tetapi lain kali pastikan untuk memberikan uang tip kepada pengemudi,” tulis pesan dalam surat kecil itu.

Saat dilihat oleh detikcom (30/9) video itu telah disaksikan netizen X hingga 35,6 juta kali. Banyak netizen yang setuju bahwa permasalahan uang tip di Amerika Serikat adalah hal yang paling mengganggu ketika makan di restoran maupun memesan makanan online.

“Budaya memberikan uang tip ini benar-benar tak terkendali lagi. Mengapa menjadi tanggung jawab pelanggan padahal yang seharusnya membayar gaji pekerja itu pemilik perusahaan mereka,” tulis salah satu netizen.

“Aku tidak pernah mengerti dengan budaya tip di Amerika. Aku bayar makananku, aku bayar biaya kirimnya, lantas mengapa aku juga harus membayar pekerjaanmu? Tip itu diberikan karena keikhlasan bukan kewajiban,” sambung netizen lainnya.

(dfl/odi)

Membagikan
Exit mobile version