Sabtu, September 28


Jakarta

Sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2024 sudah selesai. Jorge Martin menjadi rider yang paling cepat. Capaian waktunya menorehkan rekor baru. Di sisi lain, Sirkuit Mandalika nampak angker bagi Marc Marquez, dia jungkir balik sampai dua kali crash!

Para pebalap melakoni sesi kualifikasi (Q) di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (28/9/2024). Sesi MotoGP terbagi menjadi Q1 dan Q2. Q1 bakal dilakoni 10 pebalap di luar 10 besar dari hasil latihan bebas. Kemudian 10 pebalap tercepat latihan bebas dan 2 pebalap tercepat dalam Q1 bakal menjalani Q2.

Dalam sesi Q1 MotoGP Mandalika 2024 di antaranya ada nama-nama Johann Zarco, Alex Rins, Brad Binder, Aleix Espargaro, Joan Mir, dan Alex Marquez.


Crash menimpa Aleix Espargaro. Dia jatuh di tikungan satu. Insiden itu bikin Espargaro menderita. Dia terlihat jalan terpincang-pincang, yang juga bikin dirinya kehilangan peluang mengejar dua teratas.

Sesi Q1 berlanjut, giliran Alex Marquez yang crash! Tidak berapa lama usai insiden Espargaro.

Sedangkan Q2 ditempati pebalap seperti Enea Bastianini, Jorge Martin, Franco Morbidelli, Francesco Bagnaia, Marco Bezzecchi, Fabio Quartararo, Marc Marquez, Pedro Accosta, Fabio Di Giannantonio, dan Maverick Vinales. Plus dua pebalap tercepat Q1 yakni Johann Zarco dan Raul Fernandez.

Marc Marquez terjatuh di tikungan 15. Motor Marc Marquez terlihat rusak, Marquez balik ke garasi.

Marc Marquez kembali mengejar putaran waktu tercepat. Tapi dia jatuh lagi! Marquez crash di tikungan 10. The Baby Aliens menjalani MotoGP Mandalika 2024 dari posisi start ke-12.

Marquez diketahui belum pernah finis dalam gelaran MotoGP Mandalika.

Enea Bastianini lalu terjatuh di tikungan 16 setelah sempat berusaha melakukan penyelamatan di atas motor.

Jorge Martin tampil meyakinkan dengan terus memimpin jalannya kualifikasi. Dia menorehkan waktu 1 menit 29,088 detik.

Atas hasil ini kualifikasi MotoGP Mandalika 2024 nampak mulus bagi Jorge Martin. Torehan waktunya jadi rekor baru tercepat, mengalahkan waktu sebelumnya yang dipegang Enea Bastianini, yakni 1 menit 29,630 detik dalam sesi latihan bebas.

Catatan waktu terbaru Martin itu juga mengalahkan rekor yang pernah dibuat oleh Luca Marini, adik tiri Valentino Rossi. Tahun lalu, Marini mencatatkan waktu tercepat 1 menit 29,978 detik saat masih berseragam Ducati.

Marco Bezzechi secara mengejutkan bisa menjadi runner up. Dia selisih 0,535 detik ketimbang Martin.

Melengkapi posisi tiga, Pedro Acosta mencatatkan waktu 0,583 detik lebih lambat dari Martin.

Secara berurutan 10 besar ditempati oleh Bagnaia, Quartararo, Johann Zarco, Fabio Di Giannantonio, Franco Morbidelli, dan Maverick Vinales. Berikut ini hasil MotoGP Mandalika 2024:

1. Jorge Martin
2. Marco Bezzecchi
3. Pedro Acosta
4. Franseco Bagnaia
5. Enea Bastianini
6. Fabio Quartararo
7. Johann Zarco
8. Fabio Di Giannantonio
9. Franco Morbidelli
10. Maverick Vinales
11. Raul Fernandez
12. Marc Marquez
13. Aleix Espargaro
14. Alex Marquez
15. Alex Rins
16. Jack Miller
17. Luca Marini
18. Takaaki Nakagami
19. Brad Binder
20. Joan Mir
21. Augusto Fernandez

(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version