Kamis, Oktober 17

Jakarta

Ada begitu banyak rahasia di Bumi, belum seluruh area juga yang telah dijelajah dan dipahami manusia. Maka dari itu, tak heran ada banyak pula teori konspirasi buatan netizen.

Salah satunya adalah adanya pintu raksasa rahasia di atas Antartika. Teori konspirasi ini awalnya tersebar pada awal tahun ini, kemudian diunggah lagi ke forum Reddit. Netizen mengklaim ‘penemuan’ itu adalah struktur yang terlihat mirip pintu.

Meskipun banyak orang yang skeptis dan tidak ada bukti ilmiahnya, tak sedikit juga yang percaya. Mereka yang tidak percaya membuat lelucon bahwa ‘pintu rahasia’ tersebut adalah rumah liburannya Bigfoot, atau pesawat ulang-alik dari Star Trek.


Melansir IFLScience, jika diperhatikan lebih detail, pola itu sebenarnya adalah batu yang tertutup es — bukan juga artefak alien. Batu tersebut menghalangi jalannya salju sehingga membentuk pola salju yang menarik.

Faktanya, jika kamu melihat sedikit ke arah barat laut dari ‘pintu masuk rahasia’ itu, kamu dapat melihat beberapa bongkahan es lain dengan pola serupa di sekelilingnya.

Jadi, pelajaran yang bisa diambil adalah jangan langsung menelan mentah-mentah informasi yang kamu lihat di internet. Orang awam mungkin belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk memecahkan soal bentuk misterius yang mereka temui saat menjelajahi Google Maps.

Contohnya, sebelumnya pernah ada konspirasi ditemukannya piramida misterius tertutup es di Antartika. Setelah ditelaah oleh professor geologi Irvine Eric Rignot, itu hanyalah sebuah gunung yang mirip piramida.

Ternyata wujud piramida itu sebenarnya adalah fitur dari daerah glasial yang dikenal sebagai gunung berpuncak piramidal. Area ini terbentuk dari konvergensi gletser di sisi daratan yang ada.

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version