Kamis, Oktober 24

Jakarta

Telkomsel mengumumkan perusahaan rintisan atau startup yang lolos Telkomsel innovation Center (TINC) Batch 9 Demo Day. Siapa saja startup tersebut?

Melalui Telkomsel Ventures, anak perusahaan Telkomsel di bidang pendanaan startup, operator seluler ini menjaring startup berkualitas dalam negeri yang dilakukannya berkolaborasi dengan AppWorks, salah satu akselerator startup di Asia Tenggara.

Pada program Tinc Batch 9 ini, para startup teknologi di Indonesia dapat mendaftarkan diri dengan memilih fokus pada sektor atau vertikal yang sesuai dengan proposisi nilai untuk dapat bermitra dengan Telkomsel seperti Consumer Solutions, Data (Artificial Intelligence/AI, data analytics, cyber security), Software as a service (SaaS)/Enterprise, B2B Services, dan Fintech.


Di samping itu, AppWorks juga telah mengakselerasi lebih dari 800 startup dan membantu para perusahaan rintisan digital tersebut menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan besar, seperti perusahaan telekomunikasi digital Taiwan Mobile dan produsen elektronik Wistron.

Proses yang berlangsung sejak Maret 2024 ini menghasilkan tujuh startup yang dinyatakan lolos dari TINC Batch 9, yaitu Primaku, Rey.ID, Skorlife, Peacom, Finfra, CarbonEthics, dan myECO.

“Telkomsel Ventures melalui platform akselerator TINC terus berperan aktif mendorong kolaborasi antara Telkomsel dan startup untuk bersama-sama mengembangkan solusi inovatif bagi ekosistem digital Indonesia,” ujar CEO Telkomsel Ventures Mia Melinda di Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Mia menambahkan TINC sudah ada sejak 2015 namun untuk pertama kalinnya TINC dikelola oleh Telkomsel Ventures di batch 9 ini. Ketika itu hanya mengincar startup IoT yang kemudian terus berkembang.

Tujuh startup memamerkan solusi inovatif hasil kolaborasi dengan Telkomsel, menunjukkan bagaimana kemitraan strategis
antara korporasi dan startup dapat mempercepat adopsi teknologi, sekaligus memberikan dampak positif bagi
masyarakat dan ekonomi digital.

“Harapan kami langkah ini dapat lebih mendorong akselerasi transformasi digital di berbagai sektor di Indonesia,” ucapnya.

Startup yang berpartisipasi akan mendapat akses ke ekosistem digital milik Telkomsel dan AppWorks untuk memanfaatkan lebih banyak peluang pengembangan bisnis secara lebih berkualitas.

Hal ini guna memperbesar dampak positif kolaborasi, para startup akan dipasangkan dengan unit bisnis Telkomsel yang meliputi Technology Strategy & Consumer Product Innovation;⁠Data Solutions;⁠Corporate Strategy, Innovation, Sustainability, & Marketing; Strategic Investment & Portfolio Management; ⁠Digital Advertising & Financial Services; dan Enterprise Product Management.

(agt/agt)

Membagikan
Exit mobile version