
Jakarta –
Telkomsel dan TikTok resmi jalin kerja sama melalui penandatanganan MoU. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mengembangkan Telco Verify serta Telco Insight Collaboration guna menghadirkan pengalaman digital yang lebih aman dan nyaman bagi pengguna TikTok di Indonesia.
Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan salah satu inisiatif utama dalam kerja sama ini adalah eksplorasi Telco Verify.
Teknologi tersebut merupakan solusi autentikasi berbasis jaringan yang memungkinkan pengguna untuk diautentikasi secara otomatis (silent verification) oleh operator jaringan seluler, tanpa perlu memasukkan kata sandi atau kode One-Time Password (OTP).
Hal ini dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja, sehingga solusi yang andal dan efisien ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna TikTok.
“Melalui kerja sama dengan TikTok ini, Telkomsel berkomitmen untuk menghadirkan layanan yang lebih personal dan relevan bagi pengguna TikTok di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi canggih, kami optimistis dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman, efisien, dan inovatif lewat keunggulan Telco Verify dan Telco Insight Collaboration,” kata Wong dalam keterangan tertulis, Selasa (4/3/2025).
Hal tersebut diungkapkan olehnya saat melakukan kerja sama di di Mobile World Congress (MWC) 2025 di Barcelona, Spanyol, Selasa (3/3/2025).
Dia mengatakan kerja sama ini selaras dengan tema MWC 2025 ‘Enterprise Re-Invented’ yang menekankan pentingnya ketangkasan perusahaan dalam menghadapi konvergensi teknologi krusial. Serta terus berkembang untuk menata ulang proses internal dan model bisnis.
“Hal itu bertujuan guna mempertahankan keunggulan kompetitif diharapkan dapat memperkuat posisi Telkomsel sebagai pemimpin dalam solusi digital berbasis telekomunikasi. Sekaligus memperkuat komitmen TikTok dalam menghadirkan platform yang lebih aman dan berorientasi pada pengalaman pengguna. Kedua perusahaan akan terus mengeksplorasi potensi kerja sama lebih lanjut untuk mendukung ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” tuturnya.
Sementara itu, Direktur Business Development APAC, TikTok, Vanessa Brown mengatakan pihaknya menyambut baik kerja sama tersebut. Pasalnya keamanan dan personalisasi layanan merupakan dua elemen yang perlu diperhatikan.
“Keamanan dan personalisasi layanan adalah dua elemen penting bagi pengalaman pengguna kami. Dengan dukungan dari Telkomsel, kami optimis dapat menghadirkan solusi inovatif yang tidak hanya meningkatkan keamanan akun, tetapi juga memberikan layanan yang lebih relevan bagi komunitas TikTok di Indonesia,” imbuh Vanessa.
(anl/ega)