Jumat, Oktober 4

Jakarta

Selain mengoptimalisasi jaringan di darat, pada momen Ramadan serta Idulfitri 1445 H (RAFI 2024) Telkomsel juga mulai menggelar jaringan 4G di 14 kapal milik Pelni menggunakan jaringan Starlink.

Hal ini diutarakan Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono dalam konferensi pers virtual yang digelar Rabu (27/3/2024).

Menurut Saki, ada 14 kapal milik Pelni yang didukung oleh BTS 4G Telkomsel, yang jaringannya hasil kerja sama dengan Telkomsat dan menggunakan backbone dari jaringan Starlink.


“Ada 14 kapal kita support dengan 4G di 1100 rute di 83 pelabuhan, hampir semua. Jaringan 4G-nya bekerja sama dengan Telkomsat, backbonenya LEO (satelit low earth orbit) Starlink. Merupakan produk use case pertama yang kita deploy (menggunakan Starlink),” kata Saki.

“Selama ini kalau berlayar berhari-hari tidaktercover (jaringan internet). Dengan adanya layanan ini kita bisa memberikan layanan terbaik untuk pelanggan,” tambahnya.

Selama momen RAFI 2024, Telkomsel memproyeksikan kenaikan trafik broadband sebesar 15,22% dibandingkan hari biasa selama tahun 2024.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama momen RAFI 2024, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta meningkatkan teknologi jaringan yang difokuskan pada 444 titik keramaian di berbagai wilayah Indonesia.

Titik keramaian tersebut mencakup 288 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 57 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 42 wilayah residensial, 38 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 19 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 244 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 97 persen wilayah populasi di Indonesia untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.

Simak Video “Menkominfo Klaim Proyek BTS 4G yang Mangkrak Sudah Dituntaskan
[Gambas:Video 20detik]

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version