Jakarta –
Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan Evermos yang merupakan portofolio dari Telkomsel Ventures. Kolaborasi ini menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara praktis melalui MyTelkomsel Super App.
Fitur belanja oleh Evermos menawarkan berbagai produk berkualitas, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan, otomotif, elektronik, hingga perlengkapan ibadah.
Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan kolaborasi ini selaras dengan komitmen Telkomsel dalam mentransformasi MyTelkomsel menjadi Super App digital lifestyle yang mengintegrasikan fitur layanan hiburan dan commerce, sekaligus memberikan kemudahan berbelanja produk UMKM kepada pelanggan.
“Kolaborasi strategis dengan Evermos merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk UMKM berkualitas melalui MyTelkomsel Super App. Selain itu, Evermos sebagai bagian dari portofolio Telkomsel Ventures yang menyediakan layanan e-commerce yang terintegrasi MyTelkomsel Super App,” kata Nirwan dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2024).
Menurutnya, kolaborasi tersebut sangat strategis. Sebab saat ini, produk fashion, makanan, dan kecantikan berkontribusi besar dalam penjualan produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, dengan porsi fashion sebesar 46%, makanan sebesar 21%, dan kecantikan sebesar 12%.
Selain itu, Telkomsel Ventures sendiri adalah unit investasi yang dimiliki oleh Telkomsel, bertujuan untuk berinvestasi dalam perusahaan rintisan (startup) yang inovatif, terutama yang memiliki potensi untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia. Fokus utama Telkomsel Ventures adalah mendukung pertumbuhan startup yang bergerak di bidang teknologi dan digital dengan memberikan akses ke modal, jaringan, serta pengalaman Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka.
Sedangkan MyTelkomsel Super App merupakan layanan berbentuk aplikasi yang diluncurkan Telkomsel untuk mengakses layanan pelanggan dengan menggunakan smartphone. Transformasi MyTelkomsel Super App telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Serta udah diunduh 100 juta kali dan memiliki 50 juta pengguna aktif bulanan.
“Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia,” jelasnya.
Sementara itu, Co-Founder & Acting CEO Evermos Ilham Taufiq menyambut baik kerja sama tersebut. Sebab Evermos merupakan platform connected commerce dan salah satu portofolio Telkomsel Ventures.
“Kolaborasi ini semakin memperkuat misi Evermos untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang. Saat ini lebih dari 50 ribu pelanggan Telkomsel sudah mengakses produk UMKM melalui platform kami di MyTelkomsel, sehingga kerja sama ini mampu memberikan dampak positif bagi pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan membuka saluran distribusi digital baru,” tutupnya.
Untuk mengakses fitur belanja oleh Evermos di MyTelkomsel, pelanggan dapat menggunakan fitur pencarian, masukkan keyword Produk UMKM atau Evermos, lalu klik logo Evermos agar dapat melanjutkan ke halaman belanja.
Sedangkan untuk memesan dan membayar produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, pelanggan cukup menjalankan beberapa langkah berikut:
- Temukan dan pilih produk favorit UMKM dari Evermos di aplikasi MyTelkomsel Super App.
- Lihat detail produk dan masukkan ke keranjang.
- Lengkapi data transaksi sesuai kebutuhan.
- Masukkan data alamat pengiriman.
- Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti Virtual Account (VA), kartu kredit/debit, atau melalui gerai Alfamart dan Indomaret.
Informasi lebih lanjut terkait produk UMKM berkualitas yang dihadirkan Evermos dapat dilihat dari MyTelkomsel Super App maupun laman https://evermos.com/
(akn/ega)