Sabtu, Oktober 26

Jakarta

Telkomsel menghadirkan Telco Verify yang merupakan solusi enterprise yang menjadi jawaban atas persoalan penipuan online yang sering terjadi. Bahkan, solusi autentifikasi tersebut lebih canggih dan proses verifikasi yang lebih cepat dari One Time Password (OTP).

Solusi Telco Verify memungkinkan identitas pengguna untuk diautentikasi secara otomatis alias silent verification oleh operator seluler. Itu artinya pengguna tak perlu repot-repot dengan memasukan kata sandi atau kode OTP, di mana kode tersebut masih menyisakan celah oleh pejahat siber yang bikin rekening pengguna terkuras.


VP Data Solutions & Digital Financial Services Telkomsel, Alfian Manullang, mengatakan berdasarkan laporan BSSN, Indonesia mengalami lebih dari 361 juta serangan siber yang mencakup seperti malware, trojan, sampai ransomware.

“Menanggapi hal itu, Telkomsel berfokus menghadirkan layanan keamanan sibernya untuk mendukung para pelaku bisnis dalam menjamin keamanan data pribadi pelanggan,” ujar Alfian di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Jumat (25/10/2024).

Lebih lanjut, Alfian berharap kapabilitas Telco Verify dalam menghadirkan pengalaman autentikasi digital yang seamless dapat turut mendukung transformasi digital di sektor industri lainnya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan digital bagi pelaku bisnis di seluruh Indonesia.

Dibandingkan dengan kode OTP, Alfian menyebutkan proses Telco Verify lebih cepat dengan hanya melakukan dua langkah, sedangkan OTP bisa mencapai empat langkah. Kendati lebih cepat, Telkomsel menjamin keamanan Telco Verify lebih kuat dari autentifikasi lainnya.

Dengan begitu, Alfian mengatakan Telco Verify dapat mengurangi kemungkinan pengambilalihan akun pengguna melalui social engineering ataupun pembagian kode OTP yang tidak disengaja.

Telkomsel menghadirkan solusi enterprise Telco Verify yang lebih canggih dan aman daripada kode One Time Password. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

“Sehingga, solusi yang andal dan efisien ini tidak hanya mempercepat proses autentikasi, tetapi juga meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna saat berinteraksi dengan layanan digital yang disediakan oleh bisnis dari berbagai sektor,” ungkapnya.

Adapun di sektor perbankan, implementasi Telco Verify telah memberikan dampak positif yang nyata bagi mitra bisnis Telkomsel, seperti salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sejak penerapan Telco Verify, BRI melaporkan penurunan signifikan dalam kasus social engineering di aplikasi BRImo.

(agt/afr)

Membagikan
Exit mobile version