Rabu, Oktober 16


Jakarta

Dua ruas jalan Tol Trans Sumatera garapan PT Hutama Karya (Persero) baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tepatnya Ruas Indrapura-Kisaran Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 kilometer, dan bagian Ruas Betung-Tempino-Jambi Seksi 3 Bayung Lencir-Tempino sepanjang 34 kilometer.

Dua ruas tol ini menghabiskan anggaran senilai Rp 9,8 triliun. Dengan rincian total anggaran untuk Tol Limapuluh-Kisaran senilai Rp 4,2 triliun dan tol Bayung Lencir-Tempino seksi 3 senilai Rp 5,6 triliun.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan kehadiran kedua jalan tol ini digadang-gadang akan mengefisiensi waktu tempuh antar wilayah lebih dari 60%.


“Tol Indrapura-Kisaran sendiri memiliki total panjang 56 km, dan telah beroperasi sejak 15 Mei 2024. Waktu tempuh dari Medan ke Kisaran yang biasanya sekitar 5 jam kini menjadi hanya 1,5 jam,” ungkap Budi Harto.

Sementara itu, perjalanan dari Indrapura ke Kisaran, yang sebelumnya memakan waktu 2 jam melalui jalan umum, kini dapat ditempuh hanya dalam 30 menit.

Sementara itu untuk Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino dapat menghemat waktu perjalanan dari semula 1,5 jam menjadi hanya 30 menit.

Jalan Tol Limapuluh-Kisaran memiliki nilai investasi mencapai Rp 4,2 triliun, dibangun dengan spesifikasi teknis yang modern. Jalan tol ini terdiri dari dua jalur dengan lebar lajur 3,6 meter x 2 per jalur dan kecepatan rencana maksimum 100 kilometer per jam.

Selain itu, tol ini dilengkapi dengan satu Gerbang Tol (GT), dan satu Interchange (Simpang Susun) yang berfungsi untuk menghubungkan jalan tol ke ruas lainnya. Tol ini juga dilengkapi dengan 9 Underpass dan 11 Overpass, yang memungkinkan akses transportasi lokal tanpa hambatan dari dan ke kawasan industri maupun pemukiman.

Sementara itu, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino yaitu bagian dari Ruas Tol Betung-Tempino-Jambi yang merupakan jalan tol pertama di Provinsi Jambi turut meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas antara Provinsi Jambi dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Mulai dibangun pada Mei 2023, jalan tol ini menggunakan skema dukungan konstruksi oleh Pemerintah dengan total nilai konstruksi sebesar Rp 5,6 triliun dengan output terbangunnya jalan utama (mainroad) sepanjang 34 km yang dibagi menjadi 3 seksi.

Jalan tol ini ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti 10 Overpass, 4 Underpass, dan masing-masing 2 (dua) Simpang Sebidang, Gerbang Tol, Interchange.

Simak Video: Jokowi Resmikan 24 Jalan-Jembatan di Aceh, Telan Anggaran Rp 686 M

[Gambas:Video 20detik]


Saksikan Live DetikSore:

(hal/kil)

Membagikan
Exit mobile version