Rabu, Oktober 23


Jakarta

Moo Deng membuat Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow kebanjiran pengunjung. Sayangnya, di antara pengunjung ada yang nakal sampai membahayakan satwa yang berkeliaran di sana.

Dilansir dari Mirror UK pada Selasa (22/10/2024), seorang turis China terekam melemparkan sesuatu ke dalam kandang binatang dengan menggunakan ketapel. Sementara itu, dua orang temannya berdiri di sampingnya sambil tertawa bersama.

Peristiwa itu disaksikan oleh Patcharida Chueakhamhod, seorang warga Thailand yang mengunjungi kebun binatang hari itu. Dia datang untuk melihat Moo Deng. Dia kemudian merekam aktivitas kelompok turis itu dan memviralkannya.


“Wisatawan itu menembaki binatang-binatang di kebun binatang. Awalnya, saya tidak percaya apa yang mereka lakukan. Saya melihat dengan saksama dan saya melihat bahwa ia menggunakan ketapel, jadi saya merekamnya sebagai bukti,” kata dia.

Patcharida tidak menegur mereka karena kendala bahasa. Apalagi ia hanya seorang diri, Patcharida takut jika nanti dirinya akan terluka.

Seorang penjaga kebun binatang mengklarifikasi hal itu. Kelompok turis itu memang melakukan aktivitas berbahaya ke kandang Moo Deng. Kelompok itu menembakkan gumpalan tanah dan batu yang ada di area pejalan kaki.

“Saya terkejut dengan apa yang dilakukan para turis ini. Saya baru melihat video kejadian setelah kejadian. Jadi kami tidak dapat menangkap mereka saat kejadian,” kata penjaga.

Namun kasus ini tidak akan selesai begitu saja.

“Kami akan menulis surat kepada perusahaan tur yang membawa orang-orang ini ke kebun binatang. Mereka harus memperingatkan tamu-tamu mendatang tentang perilaku mereka. Saya juga akan mengajukan laporan kepada pihak berwenang,” kata dia.

Moo Deng adalah kuda nil kerdil berusia dua bulan yang tinggal di Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow. Ia lahir pada tanggal 20 Juli 2024 dari pasangan Tony dan Jonah dan diberi nama Moo Deng, yang berarti babi yang lincah, melalui jajak pendapat publik, dengan lebih dari 20.000 orang yang memberikan suara.

Ia menarik banyak orang ke kebun binatang setelah mendapatkan popularitas pada bulan September 2024 sebagai meme internet yang populer, mengikuti gambar-gambarnya yang sedang tren di internet.

Ketenarannya melonjak ketika kebun binatang itu mengunggah foto-fotonya di halaman Facebook-nya, memamerkannya dengan gerakan-gerakan yang lucu. Karena popularitasnya, jumlah pengunjung harian ke kebun binatang itu berlipat ganda pada awal September.

Organisasi Taman Zoologi Thailand melaporkan bahwa jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 159.743, meningkat signifikan dari total 98.046 pada bulan Agustus.

Kuda nil kerdil terdaftar sebagai spesies yang terancam punah dalam Daftar Merah IUCN dan diklasifikasikan dalam Lampiran II CITES.

Kuda nil kerdil adalah kuda nil kecil yang berasal dari hutan dan rawa-rawa Afrika Barat, terutama di Liberia, dengan populasi kecil di Sierra Leone, Papua Nugini, dan Pantai Gading.

Kebun Binatang Khao Kheow telah membuat larangan membawa ketapel setelah insiden tersebut.

(bnl/fem)

Membagikan
Exit mobile version