Jumat, Oktober 18


Jakarta

Arab Saudi menambah fasilitas untuk memudahkan jemaah umrah yang melakukan tawaf di atap (jembatan lingkar) Masjidil Haram. Jemaah bisa menggunakan layanan mobil golf.

Peluncuran fasilitas yang memudahkan mobilitas jemaah itu dilakukan dengan pertimbangan semakin meningkatnya jumlah jemaah umrah selama bulan suci Ramadan.

“Meningkatnya jumlah jemaah umrah di bulan suci ini, layanan tawaf diaktifkan di jembatan melingkar atap Masjidil Haram melalui mobil golf kolektif, yang sangat memudahkan jemaah untuk tawaf,” seperti dikutip dari Haramain Sharifain, Jumat (22/3/2024).


Dalam video berdurasi 13 detik yang dibagikan Haramain Sharifain melalui akun X-nya itu tampak sejumlah jemaah menggunakan fasilitas mobil golf untuk tawaf. Jemaah pria dan wanita yang menjajal fasilitas tersebut memakai pakaian ihram. Terlihat pula beberapa mobil golf yang tengah beroperasi.

Pemerintah Arab Saudi telah melakukan perluasan area tawaf atau mataf di Masjidil Haram. Arab News melaporkan pada 22 Mei 2023, perluasan mataf di Masjidil Haram telah mendapat persetujuan untuk diberi nama The Saudi Riwaq.

Proyek itu berada di belakang halaman Abbasiyah yang mengelilingi halaman Ka’bah. Presiden Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci Abdulrahman Al-Sudais mencatat proyek tersebut dimulai pada pemerintahan Raja Saud pada 1955 dan berlanjut pada masa pemerintahan Raja Faisal dan Raja Khalid, kemudian dikembangkan sepenuhnya pada era Raja Fadh, Abdullah, dan Salman.

“Saudi Riwaq yang mencakup proyek perluasan mataf di belakang halaman Abbasiyah, yang mengelilingi halaman Ka’bah suci, didirikan ketika Raja Abdulaziz, pendiri Arab Saudi, memerintahkan perluasan Masjidil Haram untuk menampung semakin banyak jemaah,” ujar Al-Sudais kala itu.

Perluasan mataf yang terdiri dari empat lantai ini disebut mampu menampung hingga 287.000 jemaah atau 107.000 jemaah per jam.

Simak Video “Melihat Suasana Tarawih Pertama di Masjidil Haram
[Gambas:Video 20detik]
(fem/fem)

Membagikan
Exit mobile version