Kamis, Juli 4


Jakarta

PT Matahari Departement Store Tbk (LPPF) kembali menutup dua gerainya di kawasan Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, Banten. Penutupan ini dilakukan sebagai bagian dari rencana optimalisasi perusahaan.

Dalam catatan detikcom, penutupan gerai tersebut bukan kali pertama yang dilakukan perusahaan. Sebelumnya pada 2021 lalu jaringan retail fesyen ini sempat menutup 13 gerainya di berbagai wilayah.

Kala itu penutupan gerai diawali dengan beberapa kota besar seperti Bogor, Bandung, Yogyakarta hingga Jakarta. Pihak perusahaan menuturkan akan menutup gerai di masing-masing kota itu.


Adapun penutupan gerai di Bogor, tepatnya terjadi di SM Bogor. Pengumuman resmi penutupan gerai Matahari Bogor diumumkan pada September 2021 lalu. Kemudian pada November, mereka menutup gerai Matahari di Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Meski menutup gerai di beberapa daerah, Matahari memutuskan akan membuka dua gerai baru di akhir tahun 2021 yaitu di Cianjur, Jawa Barat dan di Batam, Kepulauan Riau. Pada 2022, mereka juga menargetkan membuka 10 gerai baru yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelahnya, baru pada 2024 ini Matahari kembali menutup dua gerainya yang terletak di WTC Serpong Kota Tangerang dan Mal Balekota Kota Tangerang Selatan karena optimalisasi portofolio.

Karena optimalisasi portofolio inilah perusahaan harus menutup sejumlah gerai mereka yang memiliki performa kurang baik alias sepi. Walaupun perusahaan tidak secara rinci menyebut gerai mana saja sudah atau mau ditutup.

Namun di luar itu perusahaan mengaku juga terus membuka gerai-gerai baru di lokasi yang lebih strategis. Sebab sekarang ini pemilihan lokasi yang baik menjadi salah satu kunci utama dari strategi optimalisasi strategis Matahari.

“Matahari sedang melakukan optimalisasi strategis terhadap portofolio gerainya. Ini melibatkan penutupan beberapa gerai yang tidak berkinerja baik dan pembukaan gerai baru di area dengan tingkat kunjungan konsumen yang tinggi,” jelas perusahaan dalam keterangan resminya, Selasa (2/7/2024).

“Keputusan ini diambil setelah melalui proses evaluasi menyeluruh, sejalan dengan strategi bisnis jangka panjang kami dan praktik operasional standar,” jelas Matahari lagi.

Meski begitu sejak awal tahun ini Matahari telah membuka 9 gerai baru di berbagai lokasi strategis. Salah satunya yang terbaru di kawasan AEON Deltamas pada Maret 2024 kemarin.

(fdl/fdl)

Membagikan
Exit mobile version