Minggu, Oktober 6


Jakarta

Menteri Jokowi yang memiliki kendaraan listrik bertambah satu lantaran AHY diketahui punya Wuling Air ev. Berikut ini deretan menteri Jokowi yang sudah punya kendaraan listrik.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum lama ini melaporkan harta kekayaannya. Dari laporan itu, AHY diketahui memiliki tujuh kendaraan dan salah satunya bertenaga listrik.


Dalam LHKPN yang disetor AHY saat awal menjabat sebagai Menteri ATR/Kepala BPN, kendaraan listrik yang dimaksud adalah Wuling E230. Wuling E230 itu merujuk pada mobil listrik mungil Air ev.

Pun di sisi harga, mobil itu ditaksir punya nilai Rp 185 juta seperti harga Air ev yang dijual di pasaran saat ini. Mobil listrik di garasi AHY itu menambah panjang daftar menteri Jokowi yang sudah punya kendaraan listrik.

Selain AHY, diketahui ada beberapa pembantu Jokowi yang memiliki kendaraan tanpa asap itu. Pertama ada Sandiaga Uno. Dalam LHKPN terbaru, Sandiaga Uno memiliki tiga mobil dan salah satu di antaranya bertenaga listrik. Mobil listrik yang dimiliki Sandiaga Uno adalah Hyundai Ioniq lansiran tahun 2022 dengan taksiran nilai Rp 700 juta. Sementara dua mobil Sandiaga lainnya masih mengusung mesin konvensional dan hybrid.

Selanjutnya, ada juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang Darmawati. Pada LHKPN yang disetor 15 Maret 2024 itu, Gusti Ayu memiliki tiga kendaraan yang terdiri dari dua motor dan satu unit mobil. Salah satu motor Gusti Ayu itu mengusung tenaga listrik yakni United T1800. Motor listrik itu merupakan lansiran tahun 2022 dan saat ini ditaksir punya nilai Rp 22 juta. Sedangkan dua kendaraan Gusti Ayu lainnya masih mengusung mesin konvensional dengan bahan bakar minyak (BBM).

Terakhir ada Erick Thohir. Dalam laman LHKPN Erick Thohir untuk periodik 2022, terdapat mobil listrik Genesis G80 Electrified. Tertulis mobil itu merupakan perolehan tahun 2022 dan hasil sendiri. Mobil ditaksir punya nilai Rp 1.673.000.000.

Genesis G80 Electrified bukan satu-satunya mobil listrik yang dimiliki Erick Thohir. Ia juga mendaftarkan Hyundai Ioniq 5 tahun 2022 senilai Rp 862.500.000 sebagai aset miliknya. Sedangkan dua kendaraan lainnya merupakan kendaraan bermesin konvensional.

Simak Video “Takut AS Dibanjiri Mobil Listrik Asal China, Ini Kebijakan Joe Biden
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

Membagikan
Exit mobile version