
Jakarta –
Rezeki berlimpah datang ke pegawai kedai kopi ini. Awalnya ia hanya ingin membantu menalangi biaya tagihan makan pelanggan, ternyata diganti lebih banyak.
Di tengah banyaknya kasus perselisihan, rupanya masih ada peristiwa baik terjadi. Dalam kondisi sulit sekalipun, beberapa orang mengulurkan tangan untuk membantu tanpa mengharapkan balasan apapun.
Bahkan, hal baik ini terjadi di sebuah kedai kopi Malaysia, ada seorang pegawai sukarela membantu pelanggan dalam kesulitan.
Melalui unggahan di media sosial, seorang pegawai di kedai kopi yang tidak disebutkan nama dan lokasi pastinya ini membagikan pengalaman baik yang ia rasakan, lapor Mstar.my (09/03/2025).
Pegawai anonim tersebut bercerita kalau ada hal yang tidak bisa dilupakan usai membantu seorang pelanggan. Jika umumnya pegawai resto suka curhat bertemu dengan pelanggan yang tidak sopan, ia justru kebalikannya.
“Kerja dalam industri makanan dan minuman (F&B), biasanya bertemu pelanggan yang sikapnya buruk aja kan? Tidaklah dengan saya yang sepanjang kerja sering bertemu pelanggan baik,” ujarnya.
Menurut ceritanya, di bulan Ramadan 2023 lalu pegawai ini sempat bertemu pelanggan yang punya masalah saat melakukan transaksi.
Pelanggan itu dilaporkan datang sekitar pukul 7 malam. Memesan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sayangnya, ketika hendak bayar, kartu pelanggan ternyata tidak bisa dipakai. Transaksinya gagal karena kartu ditolak.
(Gambar hanya ilustrasi) Pegawai ini bantu talangin tagihan pelanggan karena kartunya tidak bisa dipakai. Foto: Getty Images/Patamaporn Umnahanant / mstar.my
|
Melihat masalah ini, pegawai kedai kopi itu langsung menawarkan bantuan. Ia dengan besar hati mau menalangi terlebih dahulu biaya tagihan pelanggan. Meminta pelanggan untuk buka puasa terlebih dahulu, baru nanti kalau sudah selesai, bayar langsung ke dia saja.
“Jadi saya tawarkan dia supaya saya bayarin dulu dan suruh dia buka puasa, baru nanti bayar ke saya,” pungkasnya.
Selesai berbuka puasa, pelanggan menghampiri pegawai untuk membayar kembali uang yang sudah dipinjamkan.
Tagihan makan dan minum pelanggan ini sebenarnya hanya sejumlah RM 50 atau sekitar Rp 184.625. Siapa sangka, pelanggan itu membalasnya dengan nominal jauh lebih besar.
Bukan sekadar bayar hutang, pelanggan justru memberinya tip lima kali lipat sebagai tanda terima kasih. Jadi, total biaya yang didapat oleh pegawai ini sejumlah RM 250 atau sekitar Rp 923.125.
|
Pegawai kedai kopi mengungkap, “Dia (pelanggan) minta kode QR bank saya dan saya kasih. Saat selesai kerja saya cek, ternyata dia transfer banyak yaitu RM 250 (Rp 923.125),”
Unggahan tersebut menimbulkan banyak pujian dari netizen. Menganggap pegawai tidak sekadar membantu, tetapi juga mencerminkan sikap baik ketika berhadapan dengan pelanggan.
Banyak juga netizen yang sempat bekerja di toko atau restoran membagikan pengalaman serupa ketika mendapat rezeki tambahan usai berbuat baik kepada pelanggan.
Seperti netizen ini yang mengungkap, “Saya kerja di 7Eleven, waktu kerja malam selalu lapar karena masuk pukul 4 dan pulang sampai 8 malam. Tapi ada aja pelanggan yang suka belikan air dan roti.”
“Saat kerja di hari raya pertama, ada pelanggan yang bagi rendang dan uang hari raya ke saya,” curhat netizen lainnya.
(aqr/odi)