Senin, Oktober 14


Jakarta

BYD tampaknya tak hanya ingin bermain di segmen mobil listrik murni berbasis baterai. Secara global, BYD memiliki teknologi plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) yang disebut dengan teknologi DM-i.

Mobil BYD dengan teknologi hybrid DM-i itu tampaknya akan masuk Indonesia. BYD mendaftarkan desain dari sebuah mobil berteknologi DM-i. Paten desain itu terdaftar dalam dokumen Berita Resmi Desain Industri No. 56/DI/2024 yang dirilis Direktorat Hak Cipta dan Design Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam dokumen itu, BYD COMPANY LIMITED mendaftarkan desain sebuah SUV yang diduga berteknologi PHEV atau DM-i. Desain yang didaftarkan tersebut identik dengan mobil PHEV BYD Song L DM-i yang belum lama ini meluncur di China.


BYD telah meluncurkan Song L DM-i di China dengan sistem DM 5.0 terbaru. Mobil itu menggunakan mesin 1.500 cc bertenaga maksimal 74 kW dengan torsi maksimal 126 Nm. Mesin bensin tersebut dikawinkan dengan motor listrik 160 kW dan torsi 260 Nm.

Dikutip Carnewschina, BYD Song L DM-i memiliki tiga pilihan paket baterai dengan daya 12,9 kWh, 18,3 kWh, dan 26,6 kWh. Masing-masing memiliki jarak tempuh listrik murni sejauh 75 km, 112 km, dan 160 km berdasarkan siklus CLTC. Dengan teknologi DM 5.0 itu, BYD mengklaim mobil tersebut bisa menjangkau jarak hingga 1.500 km dalam kondisi bensin dan baterai penuh.

BYD Song L DM-i di China Foto: Carnewschina

Dari segi tampilan, sebagai mobil hybrid yang masih membutuhkan pendinginan mesin, BYD Song L DM-i memiliki gril besar di bagian depan. Lengkungan rodanya cukup khas, memiliki tampilan persegi panjang yang membulat. Mobil ini menggunakan velg berdiameter 19 inci.

Terdapat gagang pintu tersembunyi. Semua pilarnya mendapatkan dekorasi krom, dan di bagian belakang, terdapat skid plate berwarna silver.

BYD Song L DM-i memiliki dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.898 mm, dan tinggi 1.670 mm dengan jarak sumbu rodanya 2.782 mm. Berat kosong untuk versi 112 km adalah 2.305 kg sedangkan versi 160 km memiliki berat 2.375 kg.

BYD Song L DM-i adalah mobil lima tempat duduk. Di bagasi, ada ruang penyimpanan 459 liter. Dengan kursi diturunkan, kapasitas bagasinya menjadi 1.550 liter.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version