Senin, Mei 13

Jakarta

Hadirnya startup-startup hijau yang berkomitmen mengakselerasi pertumbuhan pada keberlanjutan lingkungan kini semakin meningkat. Mereka memiliki peran penting dalam menangani tantangan global yang mendesak, seperti perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Solusi-solusi inovatif dari mereka tidak hanya memberikan dampak positif bagi lingkungan, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Tentunya, dukungan menyeluruh sangat dibutuhkan startup hijau ini demi mempercepat perubahan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

Menunjang pertumbuhan startup di berbagai sektor, termasuk sektor hijau, Endeavor Indonesia mengumumkan kembali pemilihan 15 startup dengan potensi menjanjikan untuk bergabung dalam Endeavor Scale Up Batch 6.


Memasuki tahun ke-4 penyelenggaraannya, program akselerator non-dilutif ini konsisten memberikan kesempatan eksklusif kepada para startup terpilih untuk terhubung dengan para pemimpin industri dan memberi kesempatan memperluas jaringan mereka dalam ekosistem lokal dan global Endeavor.

“Endeavor Scale Up Batch 6 menandai tonggak lain dalam perjalanan kami memberdayakan high-impact entrepreneurs. Dari berbagai program yang kami berikan, Endeavor Scale Up menjadi program penting demi meningkatkan bisnis para founder startup secara cepat sambil memupuk kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antar peserta,” kata Devina Hartono, Executive Director Endeavor Indonesia, dalam keterangan tertulis.

Ia melanjutkan, kehadiran startup hijau ini turut menegaskan dedikasi mereka dalam memupuk keberlanjutan lingkungan dan inovasi serta mendorong perubahan positif.

Foto: Endeavor Indonesia

Berikut adalah beberapa startup hijau yang terpilih untuk Endeavor Scale Up Batch 6

  • Nafas: Nafas menggabungkan perangkat keras terhubung dan kecerdasan buatan untuk mengukur dampak kesehatan dari polusi udara dan perubahan iklim, memberikan wawasan penting untuk meningkatkan kualitas udara
  • BroilerX: Menawarkan teknologi peternakan unggas yang presisi, berkelanjutan, dan terukur, BroilerX bekerja sama dengan petani kecil untuk meningkatkan produksi unggas sambil mempromosikan praktik-praktik yang berkelanjutan
  • Bion Cycle: Didirikan pada tahun 2021, Bion Cycle berdedikasi untuk menciptakan lingkungan tempat orang dan perusahaan dapat memaksimalkan upaya daur ulang, memastikan setiap produk dapat didaur ulang secara berkelanjutan.

Adapun 13 startup lainnya yang terpilih, seperti Alner, Alterstay, Bababos, Ledgerowl, Little Joy, Oat Daily, JumpStart, SIRKA, SME Pack, Suryanesia, Vilo Gelato, dan VIO Optical Clinic.

Seluruh rangkaian acara Endeavor Scale Up 6 ini berlangsung selama 7 bulan. Adapun selama 5 bulan, para founders akan memiliki sesi penting seperti 1 on 1 Exclusive Mentorship bersama para mentor ternama.

Lewat Endeavor Scale Up 6, para founder juga mendapat kesempatan mendapatkan akses ke jaringan investor yang dikurasi Endeavor. Kesempatan perluasan jaringan yang diberikan Endeavor pada para founder startup dari batch sebelumnya direspon positif oleh para startup.

Sebagai peserta Endeavor Scale Up Batch 1, CEO dan Founder Buttonscarves Linda Anggrea merasakan manfaat mentoring yang diberikan hingga kini ia berhasil menjadi Endeavor Entrepreneur.

“Sebagai seorang founder yang baru berkecimpung dalam usaha D2C, Endeavor Indonesia membantu saya mengembangkan bisnis. Saya bertemu dengan mentor-mentor brilian yang telah membantu, mendorong, hingga percaya kepada saya dalam mengembangkan Modinity Group,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak bergabung dengan Endeavor Scale Up selama 3 tahun, Buttonscarves berkembang lebih dari 10 kali lipat dan berhasil membawa perusahaannya ke panggung global.

Untuk diketahui, komitmen Endeavor Indonesia dalam mendukung kewirausahaan hijau telah berjalan sejak awal tahun 2024. Januari lalu, Endeavor telah menjalankan inisiatif seperti Greentech Entrepreneurs Network (GEN).

Selain itu, dan Endeavor juga mengadakan program Nurture To Scale yang memberdayakan para founder perempuan bertema Woman in Retail. Dengan mendukung beragam startup dari berbagai latar belakang, Endeavor bertujuan menciptakan manfaat yang berkelanjutan bagi para pengusaha, komunitas, dan lingkungan.

Penyelenggaraan Endeavor Scale Up 6 kali turut bermitra dengan UpDrive, perusahaan pengembangan ekosistem startup di kawasan Asia Tenggara.

Simak Video “5 Startup Buatan Israel yang Populer di Dunia
[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version