Rabu, Oktober 23


Jakarta

Suzuki Motor baru saja meluncurkan SUV anyar di Jepang. Menariknya, mobil itu bukan diproduksi di Jepang, melainkan impor dari India.

Menyusul kesuksesan Fronx di India, Suzuki meluncurkan SUV tersebut di negara asalnya, Jepang. SUV bergaya coupe itu memang bukan diproduksi di ‘rumah’ sendiri melainkan di pabrik Gujarat, India Barat. Diberitakan Nikkei Asia, Suzuki Fronx sejatinya sudah mengaspal sejak tahun 2023 di beberapa negara seperti India, Amerika Selatan, dan Timur Tengah.

Suzuki kemudian meluncurkan Fronx di Jepang disertai dengan adanya beberapa fitur tambahan seperti sistem keselamatan aktif dan opsi penggerak empat roda (4WD). Suzuki Fronx merupakan bagian dari strategi pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu itu untuk bersaing di pasar global.


“SUV ini sudah digunakan di lebih dari 70 negara di dunia. Sekarang Suzuki telah mengirimkan yang telah lama ditunggu oleh para pengendara di Jepang,” ungkap Presiden Suzuki Motor Toshihiro Suzuki saat konferensi pers.

Toshihiro juga menjelaskan soal keputusan perusahaan untuk mendatangkan mobil dari India ketimbang memproduksi langsung di negara asalnya. Menurutnya, perusahaan telah memposisikan pabrik di Gujarat sebagai basis untuk model global. Pabrik tersebut memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 750.000 unit kendaraan.

“Basis produksi kami di India memainkan peran utama dalam hal produksi massal,” terang Toshihiro.

Ini bukan kali pertama Suzuki mengimpor mobil dari India ke Jepang. Kerja sama ekonomi antara Jepang dan India yang membebaskan tarif impor mobil dari India menjadi latar belakangnya. Di sisi lain, Toshihiro menambahkan akan sulit ke depannya perusahaan mengirimkan lebih banyak mobil buatan India karena pasar domestik tengah meningkat pesat.

“Hal yang terpenting adalah mobil ini buatan Suzuki, daripada menyebutnya buatan India. Walaupun ini dibuat di India atau negara mana pun, kami akan tetap mempertahankan kualitas Suzuki,” terangnya.

Keberadaan Suzuki di India memang sangat kuat melalui perusahaan Maruti Suzuki. Dari sebuah riset yang dilakukan MarkLines, pangsa pasar mobil penumpang Suzuki di India tercatat lebih dari 60 persen pada tahun 2023. Perusahaan ini telah memproduksi lebih dari 30 juta unit di India sejak tahun 1983. Ini menjadi sejarah tersendiri karena di Jepang, untuk mencapai angka tersebut membutuhkan waktu 55 tahun.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version