Sabtu, September 28


Jakarta

Maskapai mulai mempertimbangkan untuk tidak lagi membagikan makanan gratis dalam penerbangan mereka. Bagi yang lapar, harus membeli.

Sepertinya, doa traveler yang benci dengan troli yang bolak-balik mulai dikabulkan. Maskapai mulai meninggalkan opsi makanan gratis dalam rute penerbangan pendek.

Diberitakan euronews, Kamis (26/9/2024) dalam rangka memotong biaya operasional, sejumlah maskapai akan menghilangkan cemilan hingga makanan gratis di pesawat. Maskapai Air France akan menguji sistem beli di pesawat baru mereka untuk makanan dan minuman di beberapa penerbangan jarak pendek dan menengahnya mulai tahun 2025.


Saat ini, Air France ‘dicintai’ dibanding maskapai budget seperti Ryanair dan easyJet karena mereka menyediakan minuman dan sandwich, makanan ringan, atau kue kering gratis di sebagian besar penerbangan kelas ekonominya, tergantung pada durasinya.

Saat ini, penumpang Air France dapat membeli makanan a la carte saat memesan atau hingga 24 jam sebelum keberangkatan. Ke depannya, mereka mungkin memiliki opsi untuk membeli makanan di dalam pesawat.

Pada awalnya, sistem makanan berbayar opsional akan diperkenalkan pada rute Air France dari Paris-Charles de Gaulle ke Helsinki dan Lisbon. Namun, masih belum jelas apakah kebijakan ini akan menghasilkan harga tiket yang lebih rendah atau akan diterapkan di rute lain.

Namun, tidak semuanya akan hilang kok. Penumpang akan tetap ditawari air atau minuman hangat dengan camilan manis atau asin.

Beda ceritanya dengan penumpang kelas bisnis. Mereka tetap menerima makanan gratis bersama minuman panas dan dingin serta pilihan minuman beralkohol.

Makanan gratis secara bertahap telah dihapuskan pada sebagian besar penerbangan jarak pendek dan menengah sejak Ryanair memelopori model bayar di dalam pesawat pada tahun 1990-an.

Dalam beberapa tahun terakhir, maskapai British Airways dan Lufthansa telah mengadopsi sistem tersebut untuk penerbangan yang lebih pendek. Maskapai nasional Belanda KLM juga sedang mempertimbangkan untuk menghapus katering gratis bagi penumpang ekonomi.

Salah satu pion positif dari menghapus makanan gratis adalah mengurangi sampah makanan. Tercatat, pada tahun 2023ATA menemukan bahwa 1,14 juta ton sampah makanan dihasilkan dari katering dalam pesawat setiap tahunnya.

(sym/fem)

Membagikan
Exit mobile version