Minggu, Oktober 6

Jakarta

Peringatan 1 Muharram 1446 H/2024 M jatuh pada tanggal 7 Juli 2024. Netizen beramai-ramai mengucapkan selamat Tahun Baru Islam dan berbagi amalan-amalan.

Tak sedikit yang mengunggah pengingat bacaan doa untuk menyambut bulan Muharram, termasuk puasa sunnah yang dianjurkan. Salah satu medsos yang ramai dengan ucapan selamat Tahun Baru Islam adalah di X (dulu Twitter).

“✨Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1446 H 🥰✨ diantara amalan yg diajurkan dibaca adlh doa akhir tahun (ba’da asar) dan doa awal tahun (ba’da maghrib), masing2 dibaca 3x. selamat mengamalkan gusyyy 🥰🤍,” kata @silvrmistblue.


“Akhiri & awali hari, bulan & tahun yg baik dengan Do’a terbaik. Karena yg terbaik adl mereka2 yang selalu berbuat baik sampai akhir. Selamat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1446 H
كل عام وانتم بخير. Semoga kita senantiasa dalam kebaikan. 🙏,” kata @kyai_think.

[Gambas:Twitter]

[Gambas:Twitter]

Menurut situs NU Online, umat Islam disunnahkan untuk melaksanakan ibadah puasa di Bulan Muharram. Puasa ini bahkan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Puasa sunnah Bulan Muharram lebih utama dilakukan pada hari Tasu’a (9 Muharram), hari ‘Asyura (10 Muharram) dan tanggal 11 Muharram. Selain tanggal tersebut, bisa dilakukan puasa Ayyamul Bidh pada tanggal 13, 14, dan 15 di setiap bulannya, termasuk Muharram.

Muslim di Indonesia, umumnya memperingati Tahun Baru Muharram dengan membaca doa tutup tahun dan awal tahun. Organisasi-organisasi Islam terutama di sekolah biasanya sering mengadakan malam bina taqwa atau mabit pada momen ini.

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version