Sabtu, Oktober 12

Jakarta

Menu tahu atau tofu disebut sebagai salah satu makanan wajib yang dikonsumsi mantan narapidana setelah keluar dari penjara. Ternyata ini alasannya.

Tahu yang diolah dari endapan perasan biji kedelai jadi salah satu makanan yang populer di Asia. Tak hanya di Asia Tenggara saja, tahu atau tofu juga jadi makanan sehari-hari di Korea Selatan.

Uniknya lagi, tahu menjadi menu wajib yang dikonsumsi mantan narapidana atau napi setelah mereka keluar dari penjara. Tahu dianggap sebagai makanan yang memiliki makna mendalam bagi orang-orang yang pernah melakukan kesalahan.


Dilansir dari berbagai sumber berikut alasan mengapa tahu menjadi makanan wajib bagi para napi di Korea Selatan.

1. Tahu Bagian dari Kuliner Masa Lampau

Tahu Putih or Tofu, one of raw ingredient food made from fermented soybean extract. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tyas Indayanti

Menurut catatan sejarah yang ada, pembuatan tahu pertama kali dilakukan pada masa Dinasti Han sekitar dua ribu tahun yang lalu. Banyak orang yang percaya bahwa Lord Liu An lah, yang menjabat sebagai pangeran dari Dinasti Han yang memperkenalkan tahu.

Kemudian tahu mulai dibuat dan dikenalkan ke Jepang pada masa Nara (710-795). Makanan ini populer sebagai hidangan para biksu sebagai pengganti daging dan ikan.

Kemudian tahun merambah ke Korea. Dulu tahu diperkenalkan pada masa kepemimpinan Goryeo (918-1392). Dulunya tahu merupakan makanan kerajaan yang juga bisa disantap oleh rakyat biasa di rumah mereka.

2. Makanan Wajib Setelah Keluar dari Penjara

Tahu Jadi Makanan Wajib Bagi Mantan Napi di Korea Selatan, Ini Alasannya! Foto: Site News

Belum jelas kapan pertama kali tahu mulai jadi makanan wajib untuk orang-orang yang keluar dari penjara. Namun banyak ahli sejarah yang menyebutkan bahwa budaya memberikan tahu kepada narapidana yang baru saja bebas sudah dimulai dari abad 20.

Tahu dianggap sebagai simbol yang memiliki banyak makna. Salah satunya karena dulu penjara di Korea penuh dengan debu dan ventilasi udara yang buruk. Orang-orang yang berada di dalam penjara akan menghirup polusi dan membuat mereka mengalami radang tenggorokan.

Nah, orang-orang di Korea percaya bahwa dengan memakan tahu akan mencegah mereka terkenal gangguan pernapasan hingga infeksi lainnya.

3. Makanan Suci

Tahu Jadi Makanan Wajib Bagi Mantan Napi di Korea Selatan, Ini Alasannya! Foto: Site News

Warna tahu yang putih cerah merupakan simbol kesucian dan awal yang baru bagi orang Korea. Para narapidana yang baru saja bebas dari hukuman penjara harus membayar hutang mereka ke masyarakat untuk memulai kehidupan yang baru.

Dengan menyantap tofu saat keluar dari penjara, ini menggambarkan para narapidana yang kembali menjadi suci dan tak bersalah. Makna ini juga diambil dari proses pengolahan tahu di mana kacang kedelai yang sudah diproses menjadi tahu tak bisa kembali menjadi kacang lagi.

Kacang diibaratkan sebagai kehidupan dan kesalahan seseorang di masa lampau. Sementara tahu melambangkan lembaran baru dalam kehidupan yang harus dijalani dengan sebaik mungkin.

Simak Video “Tahu Guling Mbah Joyo, Kuliner Legendaris di Pasar Godean
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version