Rabu, Oktober 2


Jakarta

Sport Utility Vehicle (SUV) kini banyak menjadi pilihan pengendara di Indonesia. Wajar, jalanan yang bergelombang ditambah dengan konstruksi jalanan naik turun, pilihan mobil dengan ground clearance atau jarak antara Center Muffler dengan atas tanah seperti SUV menjadi pilihan yang tepat.

Kini beragamnya pilihan SUV di Indonesia membuat pengendara di Tanah Air semakin leluasa dalam memilih. Namun harga yang ditawarkan juga banyak pilihannya dimulai Rp 297 jutaan hingga Rp 500 jutaan. Dari beragam pilihan, kali ini detikOto coba untuk melakukan komparasi, jika memiliki budget di bawah Rp 400 juta mana diantara Honda HR-V, Hyundai Creta atau Suzuki Grand Vitara yang paling Value for money atau kendaraan mana yang menawarkan fitur terbaik dengan harga paling bersahabat.

Memilih SUV dengan harga di bawah Rp 400 juta tidaklah mudah, terutama dengan banyaknya pilihan menarik di pasaran saat ini. Tiga model yang patut dipertimbangkan adalah Hyundai Creta 2024 Style IVT, Suzuki Grand Vitara GX AT 2024, dan Honda HR-V S CVT.


Masing-masing mobil ini menawarkan berbagai keunggulan yang unik, baik dari segi harga, fitur, maupun performa. Berikut adalah perbandingan dari ketiga SUV tersebut.

Hyundai Creta 2024 Style IVT

Hyundai Creta Foto: Grandyos Zafna

Hyundai Creta 2024 Style IVT menjadi salah satu SUV yang patut diperhitungkan dengan harga Rp 383.800.000. Meskipun terdapat beberapa fitur yang dipangkas dibandingkan tipe termahalnya, mobil ini tetap tampil menarik dengan dimensi yang cukup besar yakni 4.315 x 1.790 x 1.630 mm. Ground clearance-nya yang mencapai 200 mm membuatnya nyaman melintasi berbagai kondisi jalan.

Ditenagai mesin bensin 1.5 Liter MPI berkapasitas 1.497 cc, Creta mampu menghasilkan tenaga hingga 115 PS dengan torsi 144 Nm. Berbekal mesin Smartstream 1.5L dengan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT), mobil ini diklaim memiliki performa tangguh, responsif, serta efisien. Juga dilengkapi fitur Drive Mode untuk pilihan gaya berkendara yang paling sesuai untuk Anda.

Beberapa fitur penting yang disematkan antara lain Cruise Control, 6 airbags, Electric Parking Brake (EPB) with Auto Hold, serta head unit berukuran 8 inci dengan BOSE Premium Sound System.

Dengan harga yang kompetitif dan fitur yang cukup lengkap, Creta bisa menjadi pilihan yang layak dipertimbangkan.

Performance

Engine Type 1.5L MPI
Displacement (cc) 1,497
Max Power (ps/rpm) 115/6,300
Max Toque (kg-m/rpm) 14.7/4,500
Number of Cylinders 4
Valves of Cylinders 16-valve (HLA)

Suzuki Grand Vitara GX AT 2024

Fitur ESP pada Grand Vitara Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales

Dengan harga Rp 387.000.000, Suzuki Grand Vitara GX AT 2024 hadir sebagai medium SUV dengan tampilan gagah dan dimensi besar. Mobil ini sangat cocok untuk digunakan sebagai kendaraan harian maupun untuk perjalanan jauh.

Dengan dimensi 4.345 x 1.795x 2.600 mm dan ground clearance 210 mm, Grand Vitara menawarkan kenyamanan dan stabilitas yang baik di berbagai kondisi jalan.

Grand Vitara menggunakan mesin K15C 1,462 L dengan teknologi SHVS Mild Hybrid, sehingga memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Tenaga yang dihasilkan sebesar 103 PS dengan torsi 136,8 Nm. Hasil tersebut tidak lepas dari peran Suzuki yang memberikan perubahan pada tenaga Suzuki Grand Vitara agar lebih sangat namun tetap efisien.

Fitur-fitur unggulan hadirnya Integrated Starter Generator (ISG), baterai lithium-ion, dengan fitur engine auto stop memaksimalkan efisiensi bahan bakar membuat Grand Vitara menarik untuk dimiliki.

Selain itu, mobil ini dilengkapi fitur-fitur unggulan seperti ABS with EBD, Electronic Stability Program (ESP), Hill Hold Control (HHC), panoramic sunroof, serta kamera 360 derajat. Fitur keselamatan seperti 6 airbags dan ISOFIX juga menjadi keunggulan tersendiri.

Kenyamanan dan kemudahan selalu didapatkan ke manapun pengendara pergi. Grand Vitara menghadirkan interior yang lapang dan premium, semakin lengkap dengan berbagai fitur modern untuk mendukung impresi berkendara anda.

Terakhir dengan harga Rp 387 juta pengendara sudah mendapatkan versi termahal dari Suzuki Grand Vitara.

Performance

Berat Total 1,210 kg
Bore x Stroke 74.0 mm x 85.0 mm
Daya Maksimal 75,8 kw/6.000 rpm

Spesifikasi Mesin

Mesin K15C 1,462 L Inline 4 DUALJET Engine + SHVS

Suspensi

Suspensi MacPherson Strut and Coil Spring Type (Suspension and Spring Type), Double Action Telescopic (Shock Absorbers Type), Torsion Bar (Stabilizer System)

Torsi

Torsi maksimal 136,8 nm/4.400 rpm

Transmisi

Honda HR-V S CVT 2024

Honda HR-V tipe S. Foto: All New Honda HR-V

Untuk varian Honda HR-V dengan harga di bawah Rp 400 juta, hanya ada pada pilihan Honda HR-V S CVT 2024. Honda HR-V S CVT merupakan tipe termurah dari lini HR-V dengan harga Rp 383.900.000.

Meski demikian, SUV ini tetap menarik untuk dikendarai berkat tenaga yang dihasilkan dari mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang mencapai 121 PS dan torsi 145 Nm. Dengan dimensi 4.330 x 1.790 x 1.590 mm dan ground clearance 185 mm, HR-V memberikan kesan dinamis dan sporty.

Beberapa fitur penting yang tersedia antara lain Honda Sensing, LED Headlights, serta Interactive TFT Meter Cluster berukuran 4,2 inci. Selain itu, HR-V juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), dan Vehicle Stability Assist (VSA) yang membuatnya lebih aman dikendarai.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

– Mesin 1.5L DOHC i-VTEC Engine (Power 121PS, Torque 145 Nm)

– Honda Sensing

– Full LED Headlights with LED DRL

– 17 inci Alloy Wheels

– 4.2 inci Interactive TFT Meter Cluster

– 7 inci Touchscreen Display Audio with Smartphone Connection

– Walk Away Auto Lock

– Rear Seat Reminder

– Hill Start Assist (HSA)

– Hill Descent Control (HDC)

– Vehicle Stability Assist (VSA)

– ABS+EBD+BA

– EPB+ABH

– 4 Speakers

Kesimpulan

Berdasarkan perbandingan dari segi dimensi, fitur, dan harga, Suzuki Grand Vitara GX AT 2024 menjadi SUV terbaik di bawah Rp 400 juta.

Dengan harga jual yang kompetitif, jaringan penjualan dan after sales yang luas, serta efisiensi bahan bakar yang baik, Grand Vitara menawarkan kenyamanan maksimal baik untuk penggunaan sehari-hari maupun perjalanan jauh.

Fitur-fitur lengkap seperti kamera 360 derajat, panoramic sunroof, dan teknologi hybrid menjadikan SUV ini pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.

(lth/din)

Membagikan
Exit mobile version