Kamis, Oktober 10


Jakarta

Susah tidur kerap dialami oleh banyak orang. Kalau ingin tidur lebih nyenyak, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi minuman yang sehat dan enak satu ini.

Insomnia adalah masalah susah tidur yang berkelanjutan. Masalah susah tidur ini biasanya terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, hingga penyakit kronis.

Dilansir dari Mirror (23/9), masalah susah tidur ini bisa diatasi dengan cara alami. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman sehat dengan rasa yang enak.


Sudah banyak yang mengetahui jika teh chamomile sangat baik untuk mengatasi susah tidur. Namun, ternyata tak hanya satu jenis teh saja, tapi hampir semua jenis teh memiliki manfaat yang sama.

Hal ini dijelaskan oleh Dr Tim Bond, seorang peneliti teh dan ahli kimia dan Tea Advisory Panel (TAP). Ia menjelaskan, “Minum semua jenis teh secara teratur, termasuk secangkir teh biasa.”

Bond juga mengatakan kalau teh tersebut bisa diminum dengan atau tanpa susu. Teh itu dikonsumsi untuk membantu dalam menghilangkan stres dan kecemasan yang merupakan penyebab utama kurang tidur.

Hal tersebut juga telah dilaporkan pada penelitian di Tea Advisory Panel, ‘Sleep, Stress, Anxiety, and Tea’. Bahwa, hampir setengah (42 persen) orang dewasa Inggris berpikir bahwa minum teh membantu meredakan stres dan kecemasan yang merupakan penyebab susah tidur.

Laporan TAP ini mengidentifikasi berbagai uji coba menggunakan berbagai jenis teh dan menunjukkan hasilnya signifikan dalam meningkatkan kualitas tidur. Jenis teh yang terbukti ada teh chamomile dan lavender. Jenis lainnya, seperti teh hitam dan teh hijau juga bermanfaat untuk tidur.

Uji coba ini dilakukan selama 3 minggu dan menemukan bahwa minum 5 cangkir teh hijau per hari dapat meningkatkan kualitas tidur. Penelitian lain menemukan bahwa teh hitam yang mengandung GABA (neurotransmitter) secara signifikan meningkatkan waktu tidur.

Kandungan L-theanine pada teh hitam juga baik untuk meningkatkan kualitas tidur. Waktu untuk tidur dipersingkat, jadi tak lagi mengalami insomnia.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version