Rabu, September 25


Jakarta

BYD baru saja meluncurkan Sealion 05 DM-i (Dual Mode Intelligent). Model ini jadi mobil terbaru yang mengadopsi teknologi plug in hybrid. Mobil yang masuk kategori compact SUV ini punya konsumsi bahan bakar tergolong irit. Jika tangki dan baterai terisi penuh, mobil ini bisa menjangkau 1.400 km.

Dikutip dari Carnewschina, SUV kompak ini dilengkapi dengan sistem hybrid DM (dual mode) generasi ke-5. Ini merupakan saudara dekat deri model Song Pro DM-i.

SUV ini mengedepankan efisiensi bahan bakar dan kepraktisan.DM merupakan sistem hybrid seri-paralel di mana motor listrik atau mesin dapat menggerakkan mobil.


Model lain juga diluncurkan oleh BYD dengan nama BYD Song Pro DM-i.

Mobil ini dibekali mesin 1,5 liter yang disedot secara alami dengan output daya maksimum 74 kW (99 hp) dan motor listrik yang menghasilkan 120 kW (160 hp).

Di sisi lain, BYD Sealion 05 DM-i memiliki dua opsi baterai bilah lithium iron phosphate: 12,9 kWh dan 18,3 kWh. Baterai itu diklaim punya jangkauan listrik murni 75 km dan 115 km, berdasarkan pengetesan China Light Duty Vehicle Test Cycle (CLTC).

Soal efisiensi bahan bakar, Sealion 05 DM-i mencapai angka konsumsi rendah, yakni minimal 3,79 L/100 km atau sekitar 26,3 km/liter sesuai standar New European Driving Cycle(NEDC).

Kemudian berdasarkan Worldwide harmonized Light vehicles Test Cycle (WLTC), konsumsi bahan bakar berkisar antara 4,85 L/100 km hingga 4,9 L/100 km atau sekitar 20,6 km/liter hingga 20,4 km/liter.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika baterai dan tangki BBM penuh BYD Sealion memiliki jangkauan gabungan hingga 1.400 km untuk sekali jalan.

Mobil ini ditawarkan dalam empat varian, dengan harga antara 112.800 hingga 142.800 yuan (Rp 240 jutaan hingga Rp 300 jutaan).

Merek BYD dibagi menjadi dua seri besar: Dynasty Network dan Ocean Network. Model Dynasty Network terutama ditujukan untuk demografi paruh baya, menampilkan gaya desain yang matang dan stabil. Model populer dalam seri ini termasuk Han, Tang, Qin PLUS, Yuan PLUS, dan Song Pro.

Kemudian model Ocean Network memiliki desain yang lebih modis dan dinamis, sehingga menarik bagi preferensi estetika generasi muda. Model populer di seri ini antara lain Seagull, Dolphin, Seal, Destroyer 05, dan Song PLUS.

Song Pro DM-i akan tersedia melalui Dynasty Network, sedangkan Sealion 05 DM-i, model saudara dari Song Pro DM-i, akan dipasarkan melalui Ocean Network BYD.

(riar/dry)

Membagikan
Exit mobile version