Minggu, Desember 15

Jakarta

X merupakan salah satu situs media sosial utama yang ternyata paling jarang digunakan di kalangan remaja AS, kemudian Reddit dan Threads. Ini adalah temuan menurut sebuah studi baru yang diterbitkan oleh Pew Research Center.

Lembaga think tank yang berbasis di Washington DC ini mensurvei hampir 1.400 remaja antara bulan September dan Oktober untuk mengumpulkan data, yang menunjukkan bahwa 17% responden remaja mengatakan bahwa mereka yang menggunakan X, turun enam persen dari tahun 2022 ketika 23% remaja yang disurvei mengatakan bahwa mereka menggunakan situs tersebut.

Elon Musk membeli X, yang sebelumnya bernama Twitter, pada tahun 2022. Diberitakan Business Insider, Sabtu (14/12/2024) situs media sosial populer lainnya juga mengalami penurunan penggunaan di kalangan remaja Amerika Serikat.


YouTube, yang dimiliki oleh Google, menarik persentase tertinggi pengguna remaja, tapi turun dari 95% menjadi 90% dari tahun 2022 hingga 2024. TikTok dari ByteDance berada di posisi kedua dengan 63% responden mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi tersebut, namun 2 tahun lalu angkanya lebih tinggi yaitu 67%.

Snapchat milik Snap Inc. mencatat pengguna 55%, sedikit menurun dari 59% pada tahun 2022. Instagram, yang dimiliki oleh Meta, digunakan oleh 61%, hampir sama dengan dua tahun lalu, sementara Facebook milik Meta juga bertahan di angka 32%.

Reddit juga tetap konsisten kecil, dengan 14% remaja mengatakan bahwa mereka menggunakan aplikasi ini, sama seperti tahun 2022. Threads, yang diluncurkan Meta pada tahun 2023, digunakan oleh 6% remaja.

Lantas, platform medsos apa yang semakin populer untuk remaja? Hanya ada satu situs media sosial yang semakin populer di kalangan remaja selama dua tahun terakhir: WhatsApp.

Aplikasi perpesanan milik Meta ini meningkat dari 17% remaja yang mengatakan bahwa mereka menggunakannya pada tahun 2022 menjadi 23% pada tahun ini. WhatsApp menyalip X pada pengguna remaja, menurut survei Pew.

Meta, yang dulu bernama Facebook Inc, membeli WhatsApp senilai USD 22 miliar pada tahun 2014, sebuah investasi yang menurut perusahaan akhirnya membuahkan hasil.

Pada pendapatan kuartal ketiga Meta di bulan November, mereka melaporkan peningkatan 48% dari tahun ke tahun dalam pendapatan non-iklan yang sebagian besar disebabkan oleh WhatsApp.

Peningkatan pendapatan ini sebagian besar disebabkan oleh produk aplikasi yang memungkinkan bisnis membayar untuk mengobrol langsung dengan pelanggan. Tetapi WhatsApp juga dikenal bagus untuk obrolan grup besar, yang menjadi semakin populer di kalangan remaja.

Media sosial populer untuk remaja di Amerika tahun 2024:

  • Youtube (90%)
  • TikTok (63%)
  • Instagram (61%)
  • Snapchat (55%)
  • Facebook (32%)
  • WhatsApp (23%)
  • X.com (17%)
  • Reddit (14%)
  • Threads (6%)

(jsn/fay)

Membagikan
Exit mobile version