Senin, September 30


Grobogan

Crazy Rich Grobogan, Joko Suranto ini sungguh mulia. Dulu, ia merogoh kocek pribadi buat membangun jalan. Kini, dia membangun taman bermain anak di desanya.

Pengusaha properti di Bandung itu memanjakan anak-anak di kampung halamannya dengan membangun sebuah taman bermain. Dalam video yang beredar, taman bermain itu masih dalam tahap pembangunan. Beberapa pekerja masih sibuk di dalam taman tersebut.

Di bagian depan terdapat tulisan ‘Taman JOSS’ berwarna merah yang bisa menyala pada malam hari. Sedangkan di bawahnya terdapat tulisan ‘Joko Suranto Spirit’.


Dari informasi yang diperoleh, pembuatan taman yang berada di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, itu memang seluruhnya dibiayai oleh Joko Suranto.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala Desa Jetis, Suharnanik mengakui bahwa taman tersebut dibangun oleh Joko Suranto. Taman itu dibangun untuk digunakan sebagai ruang publik warga di desanya, terutama untuk anak-anak.

“(Pembangunan) Sudah 80 persen. Ini lampu-lampu sudah mulai menyala,” kata Suharnanik saat dihubungi, Kamis (20/6/2024).

Dia menjelaskan, taman yang dibangun itu luasnya mencapai 2.200 meter persegi. Berbagai fasilitas akan disediakan, terutama fasilitas bermain untuk anak.

“Ada banyak fasilitas. Ada juga mini futsal, pasir, sunda manda. Besar itu, 2.200 meter persegi,” ujarnya.

Proses pembangunan taman bermain anak yang dibiayai oleh Crazy Rich Grobogan Joko Suranto di kampung halamannya. Foto: dok Istimewa

Rencananya, warga desa tidak hanya memanfaatkan taman itu sebagai tempat bermain. Taman itu juga akan dimanfaatkan oleh warga untuk berjualan jajanan.

“Ya kami senang sekali, desanya semakin maju, makin ramai. UMKM nanti pada jualan, ada pemasukan,” ujarnya.

Blak-blakan Crazy Rich Grobogan

Crazy Rich Grobogan, Joko Suranto blak-blakan mengungkapkan alasannya membangun taman bermain tersebut. Ternyata, pembangunan taman itu ada kaitannya dengan pembangunan jalan yang dilakukannya 2 tahun lalu.

“Dulu saat jalan di desa saya masih jelek, anak-anak malah bisa bermain bebas di sekitar jalan,” kata Joko Suranto.

Hanya saja, jalan yang kini sudah halus membuat kendaraan bisa melaju dengan lancar di jalan yang telah dibangunnya itu. Hal itu membuat anak-anak di desanya merasa tidak aman untuk bermain di jalan.

“Maka pada akhirnya saya memilih membuatkan tempat khusus yang nyaman untuk bermain bagi anak-anak. Kebetulan ada lahan yang cukup layak,” kata pemilik PT Buana Kassiti itu.

Hanya saja, dia enggan menyebut angka pasti biaya yang dihabiskan untuk membuat taman tersebut.

“Cukup besar lah, di atas Rp 1 Miliar,” kata dia.

Adapun soal pengelolaan taman, dia akan menyerahkan sepenuhnya kepada warga desa.

“Yang pasti anak-anak mendapatkan akses bermain secara gratis dan aman,” kata Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) itu.

Dulu, Joko Suranto pernah membuat heboh di Grobogan lantaran membangun jalan di kampung halamannya menggunakan uang pribadi. Dia menghabiskan Rp 2,8 miliar untuk pembangunan itu.

Saat mudik Lebaran ke desanya, pengusaha yang kini berdomisili di Jawa Barat itu mendapat sambutan yang meriah dari warganya.

Ternyata, sebelum aksi dermawannya itu terekspose media, dia juga pernah melakukan hal yang sama. Dia pernah merogoh uang pribadi hingga Rp 1 Miliar untuk membangun jalan di Cicalengka, Bandung.

——

Artikel ini telah naik di detikTravel.

(wsw/wsw)

Membagikan
Exit mobile version