Senin, Juli 8


Solo

Piala AFF 2024 resmi bakal menggunakan teknologi Video Assistant Referee atau VAR. Hal itu berkaca pada suksesnya ujia coba alat bantu tersebut di Solo.

Dalam rilis yang diterima detikSport, Piala AFF akan menggunakan VAR dalam turnamen yang akan digelar akhir tahun ini, yakni 23 November-21 Desember 2024. Keputusan diambil usai VAR dianggap sukses dicoba dalam gelaran Piala AFF U-16 di Solo.

Piala AFF U-16 2024 baru tuntas digelar di Solo. Sepanjang turnamen, VAR digunakan wasit untuk mengecek berbagai momen.


“Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) akan menerapkan teknologi Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi mendatang, setelah berhasil memperkenalkannya di Kejuaraan Putra ASEAN U16 yang baru saja berakhir di Solo, Indonesia,” tulis pernyataan AFF.

“AFF percaya VAR mengubah sepakbola dan menjadi salah satu elemen terpenting yang akan meningkatkan kompetisi kita ke level yang lebih tinggi,” kata Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth dalam rilis tersebut.

AFF akan lebih dulu menggunakan VAR di Piala AFF U-19, 17-29 Juli, kejuaraan klub ASEAN, Piala Shopee 2024/2025 (21 Agustus 2024-21 Mei 2025), baru menggunakannya di Piala AFF 2024 senior akhir tahun ini.

“Pengadopsian teknologi ini pada Kejuaraan Putra U-16 ASEAN di Solo, Indonesia, sejalan dengan upaya terencana dan berkelanjutan AFF untuk meningkatkan kompetisi kami, termasuk memberikan dukungan terbaik bagi wasit agar mereka dapat melakukan tindakan yang akurat, konsisten, dan keputusan yang terinformasi,” tambah Mayor Jenderal Sameth.

“Saya mencerminkan apresiasi Dewan AFF, dengan mengucapkan terima kasih kepada FIFA, AFC, Bapak Erick Thohir dan rekan-rekan di PSSI atas bantuan besar yang diberikan dalam penerapan VAR di Piala AFF U-16 2024.”

“Selain itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tim Proyek VAR yang diketuai oleh Bapak Viphet Sihachakr, Sekretaris Jenderal AFF, Bapak Winston Lee serta Bapak Rodzali Yacob dan tim wasitnya atas upaya tanpa henti mereka selama proses penerapan,” tutup Mayor Jenderal Sameth.

(yna/aff)

Membagikan
Exit mobile version