Jumat, Oktober 4


Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi salah satu menteri yang menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama 10 tahun masa pemerintahannya. Tidak terasa, masa jabatannya akan berakhir kurang dari satu bulan lagi.

Basuki bercerita, dirinya sudah bekerja di Kementerian PUPR hampir 45 tahun lamanya. Ia sendiri merasa bangga dengan hasil kerja kerasnya selama ini dalam membangun infrastruktur di Tanah Air.

“Saya punya, bukan untuk puas, tapi pride bahwa saya bisa melayani masyarakat lebih baik,” kata Basuki, ditemui awak media di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (4/10/2024).


“Sampai sekarang, kalau saya di airport, di manapun orang masih bilang terima kasih Pak, untuk semua pembangunannya Itu sudah membuat, walaupun saya agak ngeri juga dapat ucapan terima kasih,” sambungnya.

Selama 10 tahun ini, berbagai infrastruktur telah rampung terbangun, salah satunya Jalan Tol Trans Jawa (JTTJ) yang sudah tersambung di sekitar tahun 2018. Basuki mengatakan, dirinya kerap menerima ucapan terima kasih dari warga Sumatera yang berkunjung ke Jawa Tengah memanfaatkan jalan tersebut.

“Sampai sekarang misalnya orang Jambi jalan, ketemu di Semarang, dia masih bilang terima kasih. Jadi salah satu itu, itu membuat saya membuat apa yang saya lakukan sekarang ini, dengan semua suka-dukanya, itu menjadi lebih bermanfaat,” ujarnya.

Sempat Ingin Masuk Perminyakan

Basuki mengaku bahwa dirinya tidak merasakan duka selama menduduki posisi sebagai menteri. Hal ini lantaran ia merasa bahwa sejak dulu jiwanya memang senang menduduki posisi sebagai birokrat. Namun menariknya, sebelum itu ia sempat ingin masuk ke sektor perminyakan.

“Kalau dukanya saya kira nggak ada. Saya memang dari dulu sebagai birokrat. Tujuan saya, kalau saya dulu penginnya masuk dunia perminyakan, tapi ternyata saya nggak cocok jiwanya, terlalu ‘eksklusif’, mohon maaf, saya lebih ke birokrat. Jadi saya kira beda memang niatan bekerja di industri dengan di birokrasi,” ujar dia.

Kerja Ikhlas dan Happy

Saat ditanya lebih lanjut tentang tips menjaga kesehatan dan semangat kerja, pria berumur 70 tahun itu bilang bahwa kuncinya ialah ikhlas dan bahagia. Jawaban ini juga tidak mengherankan mengingat Basuki kerap menujukkan penampilannya bermain drum di sela-sela aktivitas kerjanya.

“(Tips sehat) ikhlas dan happy,” tutur Basuki sembari tersenyum.

(shc/kil)

Membagikan
Exit mobile version