Senin, Oktober 7

Jakarta

India adalah negara yang dikelilingi sungai. Ratusan sungai melintasi panjang dan lebar setiap negara bagian, dan setiap sungai memiliki kisah dan keindahannya sendiri. Ada satu sungai misterius, Subarnarekha.

Sungai ini ada di Jharkhand, salah satu negara bagian di wilayah timur India. Subarnarekha punya keunikan karena secara misterius menghasilkan partikel emas di airnya.

Dikutip dari Times of India, emas banyak ditemukan di perairan Subarnarekha, terutama ketika musim dingin. Sumber emas ini tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan selama bertahun-tahun, dan tidak ada seorang pun yang dapat menemukan sumber emas tersebut.


Subarnarekha memiliki arti ‘garis emas’. Sesuai dengan namanya, sungai ini membentuk ‘garis emas’ sepanjang tahun. Di beberapa bagian Jharkhand, penduduk setempat akan pergi ke sungai ini untuk mengumpulkan emas sejak pagi dan baru kembali ke rumah pada sore hari.

Di daerah Saranda dan Tamar, orang-orang dari banyak komunitas adat telah melakukan pekerjaan ini selama beberapa generasi. Pekerjaan ini sama sekali tidak mudah dan terkadang butuh waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya.

Bisa menemukan partikel emas di air pun membutuhkan banyak waktu. Orang-orang harus bekerja sepanjang hari untuk mengambil partikel emas yang sangat kecil yang ditemukan di dasar sungai. Sering kali mereka harus kembali tanpa mendapatkan satu partikel pun. Sebagian besar waktu, mereka hanya berhasil mengumpulkan segenggam emas per hari.

Sungai Subarnarekha melintasi wilayah Ratnagarbha di negara bagian Jharkhand. Anak sungainya, Karkari, dan sungai utamanya telah terisi partikel emas selama bertahun-tahun.

Sungai sepanjang 474 kilometer ini bermula dari Rani Chuan di desa Nagdi, yang terletak di dekat Ranchi di Jharkhand. Sungai ini kemudian menyatu dengan Teluk Benggala dan melewati negara bagian Odisha dan Benggala Barat.

Masyarakat setempat percaya bahwa emas pertama kali ditambang di Piska, sebuah desa di Ranchi, dekat titik asal sungai, tetapi kemudian partikel emas ditemukan di dasar sungai, sebagian besar di bawah pasir.

(rns/rns)

Membagikan
Exit mobile version