Senin, Oktober 7

Jakarta

Sebuah studi mengungkapkan, memainkan salah satu game Square Enix yang satu ini, baik untuk kesehatan mental. Game yang dimaksud adalah PowerWash Simulator.

Penelitian tersebut dilakukan oleh University of Oxford sekitar dua tahun lalu. Pada 2022, peneliti menganalisis data dari 8.500 gamer di hampir 40 negara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

Dikutip dari The Gamer, Minggu (6/10/2024), hasil riset mengungkap fakta bahwa 72% pemain mengaku bahwa main PowerWash Simulator berdampak positif. Para pemain menyebutkan, suasana hati mereka lebih baik setelah 15 menit pertama sesi permainan.


Dampak positifnya pun menjamur, sehingga tak hanya bikin mood bagus, tetapi erembet ke aktivitas kreasi lainnya seperti membaca, berbelanja, dan mendengarkan musik.

Sayangnya, para partisipan dalam penelitian ini tidak mengatakan apa alasan yang membuat suasana hati mereka menjadi lebih baik saat main PowerWash Simulator. Entah karena game ini dianggap adiktif dengan kesederhanaan gameplay-nya, atau karena satisfying.

PowerWash Simulator adalah game simulator yang memberikan pengalaman pseudo-katarsis. Di sini pemain akan membersihkan kotoran di setiap benda atau sudut tempat secara detail, perlahan-lahan, dan tanpa adanya gangguan.

Bermodalkan alat semprot dengan air bertekanan tinggi, gamer bisa dengan mudah menghilangkan noda membandel. Kalau menurut detikINET, setelah melihat gameplay-nya di YouTube, permainan ini ternyata bersifat satisfying terutama ketika melihat semua kotoran tersebut lenyap dengan mudahnya.

Bagi yang penasaran, bisa memainkan game ini di Nintendo Switch, PlayStation, Xbox, dan PC. Namun ada harga yang harus kalian bayar jika ingin memiliki game ini. Ambil contoh di PC, harga PowerWash Simulator di Steam sebesar Rp 349 ribu.

Lalu setidaknya punya spesifikasi PC berikut ini:

  • Sistem operasi: Windows 8/10 64 bit
  • Prosesor: Intel i5-760 (4*2800), AMD Phenom II
  • RAM: 4GB
  • Grafik: GeForce GTX 760, AMD R7-260X
  • DirectX: Versi 11
  • File: 6GB

(hps/rns)

Membagikan
Exit mobile version