Senin, Oktober 7


Jakarta

Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri menggelar He for She Awards dalam rangka wujud komitmen Korps Bhayangkara terhadap polisi wanita (polwan). Ajang ini dilombakan untuk para kepala satuan kerja (kasatker) dan kepala satuan wilayah (kasatwil).

Pakor Polwan RI Brigjen Desy Andriani menegaskan ruang berkarier di kepolisian makin terasa lebih ramah bagi Perempuan. Hal ini, tambah dia, juga diakui UN Women.

“Belum lama ini kami menerima audiensi UN Women. Kedatangan mereka adalah untuk menyampaikan komitmen UN Women untuk mendukung upaya Polri dalam mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan Perempuan di lingkungan Polri,” ujar Brigjen Desy dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2024).


Sementara itu, Ketua Penilaian Lomba He for She Awards, Kombes Widy Saputra, menuturkan polda jajaran dapat mengikuti ajang ini. Dia mengatakan peserta harus menceritakan komitmen dukungan pengembangan dan pembinaan terhadap polwan yang telah dilakukan.

“He for She Awards dapat diikuti oleh semua polda jajaran. Syaratnya, peserta harus menunjukkan komitmen dukungan mereka dalam bentuk tulisan dan video. Penilaiannya nanti tergantung pada inovasi dan kreativitas peserta selain komitmen dukungan terhadap Perempuan tentunya,” tutur Kombes Widy.

Dia mengatakan lomba ini juga digelar dalam momen Hari Bhayangkara ke-78. Kombes Widy mengatakan lomba ini pertama kali diadakan di instansi Polri.

“Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan kampanye He For She dari UN Women. Sejak awal Polri selalu mendukung perempuan berkarier di kepolisian. Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan terhadap kebijakan pimpinan Polri,” ucap Kombes Widy.

Kombes Widy menyebutkan saat ini makin banyak polwan yang menduduki posisi strategis di instansi Polri. Kuota penerimaan polwan pun, sambungnya, setiap tahun terus ditambah.

“Polri memandang keberadaan polwan sangat strategis untuk penyelesaian kasus-kasus dengan korban yang didominasi perempuan dan anak, seperti kekerasan dalam rumah tangga dan tindak pidana perdagangan orang,” terang Kombes Widy.

Dia kemudian menuturkan perhatian dan perlindungan terhadap perempuan dan anak juga telah ditunjukkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo lewat proses pembentukan Direktorat Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) serta Direktorat Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, 2023 mendapat penghargaan He for She dari International Association of Women Police atau Asosiasi Polwan Internasional atas dedikasinya mendorong kemajuan perempuan di kepolisian atas dukungan terhadap perempuan,” jelas dia.

(aud/fjp)

Membagikan
Exit mobile version