Jumat, Oktober 18


Jakarta

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewanti-wanti harga sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan jelang Lebaran. Hal ini dinilai perlu diwaspadai karena dampaknya terhadap kenaikan inflasi dan mempengaruhi daya beli masyarakat.

Sri Mulyani mengatakan komoditas yang mulai mengalami kenaikan yakni telur ayam 13,5%, daging ayam naik 6,6%, minyak goreng naik 5,1%, bawang putih naik 9%, gula pasir naik 3,1% dan daging sapi naik 0,3%. Beras yang menjadi penyumbang inflasi dalam beberapa bulan sebelumnya disebut mulai melandai.

“Beberapa komoditas menjelang hari raya mengalami kenaikan seperti telur ayam, daging, minyak goreng, bawang putih dan gula pasir, serta daging sapi. Ini yang perlu kita waspadai karena inflasi terutama dari harga pangan itu langsung mempengaruhi daya beli masyarakat terutama menengah bawah,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA, Senin (25/3/2024).


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Februari 2024 mencapai 2,75% secara tahunan atau year on year (yoy). Kondisi ini disebut masih relatif rendah dibandingkan negara lain.

Menurut Sri Mulyani, banyak langkah yang bisa dilakukan dari APBN untuk kementerian/lembaga (K/L) menstabilkan harga agar masyarakat tetap bisa mendapatkan harga pangan yang stabil.

“Ini yang perlu kita perhatikan, banyak langkah-langkah yang dilakukan termasuk dari APBN untuk mendukung K/L untuk memperbaiki dan menstabilkan harga supaya masyarakat tetap bisa affordable terhadap harga pangan tersebut,” imbuhnya.

(aid/das)

Membagikan
Exit mobile version