Selasa, Oktober 15


Jakarta

All New Toyota Hilux Rangga resmi meluncur di Indonesia. Dengan semangat menghadirkan Total Mobility Solution, Toyota-Astra Motor (TAM) melengkapi All New Hilux Rangga dengan complete commercial vehicle ecosystem, bersama jaringan value chain terpercaya, termasuk menyiapkan conversion ecosystem bersama lebih dari 70 karoseri lokal dengan track record teruji.

Hilux Rangga hadir sebagai New Hero untuk kembali berkontribusi besar pada industri komersial di Indonesia. Dengan menawarkan solusi multifungsi bagi kebutuhan bisnis dan personal. Melalui kendaraan yang agile, reliable dan flexible dengan dukungan ekosistem yang tersebar luas. Dijual mulai Rp 188 jutaan untuk varian Cab-Chassis 2.0 Standard M/T. Seperti apa spesifikasinya?

Spesifikasi Hilux Rangga

Desain dan Dimensi

Dari segi desain, Hilux Rangga tak jauh berbeda dari versi konsepnya yang kali pertama meluncur di GIIAS 2023 lalu. Mobil ini memiliki tampilan gagah dan mengotak, dibekali lampu depan bergaya retro modern. Area fascia didominasi warna hitam dengan bumper yang besar. Tulisan ‘Toyota’ pada grille dan bak belakang juga memberikan kesan lebih outstanding.


Secara kapasitas, All New Hilux Rangga memiliki panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, serta dek barang dibuat rata. Kendaraan niaga ini memiliki payload 1,2 ton, lebih dari cukup untuk mengangkut 56 galon air mineral. Pilihan 3 Way Deck juga mendukung produktivitas untuk aktivitas bongkar-muat barang yang lebih cepat, ergonomis, dan tanpa kendala.

Hilux Rangga hadir dengan ruang kabin yang lebih lapang dan nyaman, sekaligus lebih aman berkat adanya bonnet di depan mobil. Tak seperti kebanyakan mobil niaga, posisi duduk pengemudi tidak berada di atas sumbu roda, sehingga mobil lebih nyaman karena minim guncangan dan lebih senyap lantaran berkurangnya suara mesin, kemudi, dan suspensi.

All New Toyota Hilux Rangga Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Mesin dan Performa

Hilux Rangga hadir dengan dua pilihan mesin: bensin 1TR-FE 2.000 cc menawarkan kenyamanan berkendara dengan pengoperasian yang lebih senyap. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 139 PS dan torsi 183 Nm.

Selain itu Hilux Rangga juga hadir dengan pilihan mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang bertenaga namun tetap hemat bahan bakar meski membawa muatan penuh. Mesin itu menghasilkan performa lebih buas, yakni power 149 PS dan torsi 343 Nm.

Buat varian mesin bensin dan diesel mendapatkan pilihan transmisi manual 5-speed. Kemudian khusus buat varian mesin diesel, juga mendapatkan opsi transmisi otomatis 6-speed.

All New Toyota Hilux Rangga Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Fitur dan Safety

Bagian dashboard mobil ini desain lebih modern dan fungsional, juga dilengkapi berbagai fitur yang kian mendukung aktivitas pengemudi. Posisi sistem kemudi rack and pinion seperti mobil penumpang, dipermudah oleh tilt steering dan power steering untuk mendukung kemudahan berkendara ketika putar arah dengan radius putar hanya 4,9 m.

Diklaim jadi pertama di kelasnya, All New Hilux Rangga memiliki roof rack mounting point di atas kabin dengan payload 75 kg. Terdapat juga 8 hook pada tutup bak kiri, serta kanan, termasuk 4 hook di pintu belakang, untuk mengikat barang bawaan. Fungsionalitas tinggi ini terbilang baru untuk ukuran mobil pikap.

Untuk aspek safety, Toyota membekali Hilux Rangga dengan 3-points seatbelt, airbags, immobilizer, side body under run, cabin protector, dan juga fitur ABS dan EBD pada rem cakram 14 inci di depan dan rem tromol yang andal di belakang. Selain itu, adanya bonnet juga mampu meredam tabrakan frontal.

Fitur canggih Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) turut menjadi standar di tipe High Diesel A/T yang membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat. Keamanan berkendara yang prima memberikan rasa tenang dan memastikan kelancaran operasional bisnis.

Setiap mobil niaga Toyota mengadopsi value Quality, Durability, and Reliability (QDR) yang tinggi. Menggunakan mesin, chassis, dan drivetrain (termasuk transmisi, propeller shaft, dan gardan) yang sama dengan Hilux, memastikan kemampuannya melaju di berbagai medan dengan daya tahan yang sudah terjamin.

Harga dan Varian

1. Hilux Rangga Cab-Chassis 2.0 Standard M/T: Rp 188.700.000

2. Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard M/T: Rp 193.600.000

3. Hilux Rangga Pick Up 2.0 Standard M/T 3 Ways: Rp 194.600.000

4. Hilux Rangga Pick Up 2.0 High M/T: Rp 215.700.000

5. Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 DSL Standard M/T: Rp 244.700.000

6. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL Standard M/T: Rp 249.600.000

7. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL Standard M/T 3 Ways: Rp 250.600.000

8. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High M/T: Rp 283.600.000

9. Hilux Rangga Cab-Chassis 2.4 DSL High A/T: Rp 299.200.000

10. Hilux Rangga Pick Up 2.4 DSL High A/T: Rp 304.500.000

Penambahan Karoseri

Dry Box: Rp 33.500.000

Dry Box Rear + Side Doors: Rp 36.000.000

Refrigerated Box: Rp 120.000.000

All New Toyota Hilux Rangga Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Opsi Kustomisasi

Untuk meningkatkan penampilannya, All New Hilux Rangga memiliki berbagai opsi Toyota Customization Option (TCO), mencakup beberapa jenis aksesoris sesuai kebutuhan pelanggan, serta jaminan kualitas produk standar Toyota yang bergaransi. Yaitu Outer Mirror Cover, Front Corner Sensor, Cover Glove Box, Bed Liner, IP Garnish, Side Visor, serta Sporty Shift Knob, termasuk teknologi telematika G Fleet.

“Toyota secara resmi mengumumkan bahwa terdapat 10 opsi line-up All-New Hilux Rangga, dengan 2 line up konversi Toyota. Spektrum fungsi Hilux Rangga menjadi sangat luas dan multiguna, baik untuk bisnis, layanan publik, hingga hobi dan utilitas harian. Dengan harga start from Rp 188 juta untuk mesin bensin dan Rp 244 juta untuk mesin diesel, All-New Hilux Rangga merupakan partner terbaik dalam mewujudkan potensi yang lebih besar, baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

(lua/dry)

Membagikan
Exit mobile version