Minggu, September 29


Jakarta

SUV listrik Neta X resmi diluncurkan dan dijual Tanah Air. Mobil listrik asal China ini ditawarkan dalam dua varian dengan harga mulai Rp 428 juta on the road Jakarta. Berikut spesifikasi lengkap Neta X.

Desain dan Dimensi

Dari segi eksterior, Neta X menampilkan fascia yang terinspirasi dari gambar-gambar robot atau yang disebut ‘Mecha-Design’. Selain itu, Neta X hadir dengan avant-garde design seperti tampilan futuristic dan high tech dengan L-Shape LED DRL, Camera 360 di bagian depan, samping juga belakang. Mobil ini juga dilengkapi full LED headlights dengan Intelligent High Beam yang membantu pencahayaan jalan jadi terang dan berkendara lebih nyaman. Untuk di bagian belakang, Neta sudah dilengkapi Continuous Tail light, serta Electric Power Tailgate yang dapat membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis.


Secara dimensi, mobil ini mempunyai panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm yang dipadukan wheelbase 2.770 mm, sementara itu ground clearance mobil ini mencapai 156 mm dengan 50:50 weight distribution yang membagi berat kendaraan jadi merata sehingga mobil mudah dikendalikan.

Neta X Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Interior dan Fitur

Geser ke bagian interior, SUV 5-penumpang ini punya one-piece affinity seat, yakni fitur pengaturan jok elektrik di sisi pengemudi maupun penumpang baris depan dengan ketebalan yang dirancang memberikan dukungan optimal pada punggung dan bahu. Begitu juga bangku baris belakang memiliki ketebalan 92 mm yang sudah dilengkapi lumbar support. Ditambah kapasitas bagasi Neta X mencapai 508 liter dan bisa diperluas jadi 1.388 liter yang sangat mumpuni untuk menampung barang penumpang.

Tidak hanya menawarkan ruang kabin yang luas, Neta X punya desain interior cerdas yang berpadu karakter premium berkat sentuhan bahan soft leather dan alcantara yang memberi kenyamanan tingkat atas bagi penumpang maupun pengemudi. Bahkan area yang memiliki frekuensi tinggi untuk tersentuh sudah secara cermat dilapisi dengan 100% bahan kulit lembut guna meningkatkan level kenyamanan berkendara. Seluruh varian Neta X tersemat Panoramic Sunroof sebagai standar, guna memberikan pemandangan yang luas dan meningkatkan pencahayaan alami sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Beragam fitur unggulan tersemat di mobil ini, seperti Wireless Phone Charging, Intelligent Central Control Screen berukuran 15.6 inch yang terkoneksi dengan Neta Auto App dan tampilannya dapat diatur menjadi Split-screen Design, serta Floating D-shaped Steering Wheel. Neta X juga sudah punya fitur V2L (vehicle-to-load) dan Cockpit Cerdas Terhubung untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih memuaskan.

Neta X Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Performa

Secara performa, Neta X memiliki output daya maksimum 120 kW (175 dk) dan torsi 210 Nm yang mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 9.5 detik dengan top speed 150 Km/h. Sumber tenaga yang dihasilkan motor listrik tersebut berasal dari baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP) berkapasitas 63,56 kWh, sudah dilengkapi Liquid Cooling HEPT 4.0 dan bersertifikat IP68+ Sealing Grade sehingga aman melintasi genangan air.

Perpaduan antara performa tinggi dan kapasitas baterai yang besar ini membuat Neta X sanggup menempuh jarak hingga 480 km hanya dalam sekali pengisian daya penuh berdasarkan hasil pengetesan NEDC. Baterai yang tersemat di Neta X juga sudah memiliki fitur Ultra Fast Charging hingga 105 kW, untuk mengisi daya dari 30 ke 80 persen dapat selesai dalam 30 menit. Poin menarik lainnya adalah Neta X sudah mengadopsi port charging model CCS2 (Combined Charging System 2), salah satu port charging yang paling umum dan paling mudah ditemui pada SPKLU di Indonesia untuk pengisian reguler maupun fast charging.

Neta X Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Fitur Keselamatan

Neta X dirancang dengan struktur monocoque yang menggunakan high strength steel material, merupakan konstruksi rangka baja berkekuatan tinggi sehingga memastikan keamanan terbaik dalam setiap perjalanan. Begitu juga disematkannya Anti-Collision Beam di bagian rangka depan, atas dan samping mobil yang disertai Door Side Crash Beam. Sasis Neta X juga di-tuning oleh MIRA yang merupakan profesional tuner di bagian sasis, membuatnya lebih stabil, nyaman dan aman untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Dipadukan dengan sistem suspensi independen MacPherson Strut di bagian depan dan Multi-link Rear Suspension di belakang turut memberikan kestabilan.

Khusus Neta X varian 500 Supreme sudah dipersenjatai fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) Level 2 yang didukung oleh 11 High Precision Sensor di sekeliling mobil. Ini menghasilkan 15 fitur canggih ADAS yang di antaranya Full Speed Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Braking (AEB) dan Lane Keep Assist (LKA) yang dapat memberikan proteksi maksimal saat berkendara.

Harga dan Varian

Neta X dipasarkan dalam dua varian dan harga, yaitu Rp 428 juta untuk Neta X 500 Elite dan Rp 448 juta untuk Neta X 500 Supreme berlaku on the road (OTR) Jakarta. Neta X hadir dengan empat pilihan warna eksterior menarik: Glacier Blue, Jet Black, Sky Grey, dan Pearl White; serta dua pilihan warna interior yang memikat: Black dan brown.

Setiap pembelian Neta X dilengkapi dengan berbagai keuntungan, termasuk OCPP Wall Charger beserta instalasi, Emergency Portable Charger, Kaca Film Premium, Asuransi 1 Tahun, Pengisian 1.000 kWh dan 24H Roadside Assistance selama 5 tahun.

Neta X Foto: Luthfi Anshori/detikOto

(lua/rgr)

Membagikan
Exit mobile version