Rabu, Juli 3


Jakarta

Hyundai Motor Company resmi meluncurkan mobil listrik mungil Hyundai Inster. Mobil listrik ini diperkirakan akan menjadi mobil listrik ‘murah’ dari Hyundai.

Hyundai Inster mengisi segmen kendaraan listrik sub-compact segmen A. Mobil ini terinspirasi oleh mobil kecil Hyundai Casper yang telah diluncurkan di Korea Selatan sejak 2021.

Berikus spesifikasi Hyundai Inster yang diperkenalkan di Busan International Mobility Show.


Desain

Hyundai Inster dibangun berdasarkan warisan desain dari Hyundai Casper. Evolusi gaya Inster didukung oleh bodi dan jarak sumbu roda yang lebih panjang untuk menghadirkan lebih banyak ruang interior dan tampilan yang kokoh.

Dengan dimensinya yang diperluas, Inster diposisikan tepat di antara city car sub-kompak segmen A dan model kompak segmen B yang lebih besar. Mobil ini menawarkan kemampuan manuver dan kemudahan penggunaan yang diharapkan pembeli dengan peningkatan kepraktisan dan fleksibilitas berkat interior yang lebih lega dan kapasitas bagasi yang ditingkatkan. Dibandingkan dengan model yang lebih besar dari segmen di atas, dimensi Inster yang ringkas menjadikannya ideal untuk berkendara di kota dan meningkatkan kenyamanan saat parkir.

Hyundai Inster Foto: Dok. Hyundai

Desain eksterior Inster dicirikan oleh profil SUV yang kokoh namun kompak serta permukaan yang rata dan bersih, dengan spatbor mobil yang kuat, hingga bumper yang tampak berteknologi tinggi.

Hyundai InsterHyundai Inster Foto: Dok. Hyundai

Kepribadian Inster terpancar melalui lampu day time running light LED dan lampu sein grafis piksel, lampu belakang, dan bumper. Pelanggan dapat semakin membedakan tampilan mobil dengan lampu depan LED proyektor dan eksterior two-tone dengan atap hitam kontras. Velgnya ada berbagai macam pilihan tergantung speknya, ada velg steel 15 inci dengan penutup roda, velg 15 inci, atau velg 17 inci.

Interior

Di bagian dalam, Hyundai Inster memberikan peningkatan teknologi dan kenyamanan dengan cluster digital berukuran 10,25 inci serta sistem hiburan layar sentuh berukuran 10,25 inci dengan navigasi dan dock pengisian daya nirkabel.

Bagian interior juga mengadopsi tema piksel yang memperkuat citra mobil berteknologi tinggi. Desain interiornya juga dilengkapi hiasan trim pintu atas yang dapat disesuaikan agar pemilik dapat lebih mempersonalisasi kendaraannya.

Hyundai Inster Foto: Dok. Hyundai

Interior Inster menawarkan keserbagunaan dan kelapangan, dengan tempat duduk baris depan menyediakan akses walk-through. Semua kursi dapat dilipat rata, termasuk kursi pengemudi, untuk meningkatkan fleksibilitas. Kursi baris kedua dapat dibagi 50/50 serta bisa digeser dan direbahkan.

Baik eksterior maupun interiornya menggunakan material ramah lingkungan. Eksterior Inster menampilkan cat daur ulang hitam kilap, yang menggantikan pigmen karbon hitam yang biasanya digunakan dalam cat hitam dengan pewarna yang terbuat dari limbah ban daur ulang. Polietilen tereftalat (PET) daur ulang dari botol dan bahan bio-polipropilena yang diekstraksi dari tebu digunakan di bagian interior.

Spesifikasi dan Daya jangkau

Hyundai Inster memiliki kemampuan pengisian daya cepat DC dan daya jangkau yang cukup jauh. Hal ini memungkinkan pelanggan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengisi daya, melakukan perjalanan lebih jauh, dan memanfaatkan sepenuhnya energi yang mereka miliki.

Dilengkapi dengan baterai 42 kWh sebagai standar, Inster juga tersedia dengan baterai Long Range 49 kWh sebagai pilihan. Model ini ditenagai oleh satu motor yang menghasilkan tenaga 71,1 kW (97 PS) pada varian standar dan 84,5 kW (115 PS) pada model Long Range. Kedua versi menawarkan torsi 147 Nm.

Hyundai mengklaim Inster memiliki daya jangkau mengesankan di segmennya, yaitu 355 km dalam satu kali pengisian daya pada model Long Range. Konsumsi energi rata-ratanya mencapai 15,3 kWh /100 km.

Hyundai Inster Foto: Dok. Hyundai

Saat menggunakan stasiun pengisian Daya Tinggi DC 120 kW, Hyundai Inster dapat mengisi daya 10 hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit dalam kondisi optimal. INSTER juga dilengkapi dengan pengisi daya terpasang 11 kW sebagai standar.

Fungsionalitas Vehicle-to-Load (V2L) eksternal dan internal menyediakan daya untuk perangkat eksternal (110V/220V), memungkinkan pengisian daya dua arah tanpa memerlukan peralatan tambahan. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk dengan bebas menggunakan atau mengisi daya perangkat seperti sepeda listrik, skuter, dan peralatan berkemah.

Fitur Canggih

Hyundai Inster juga menawarkan segudang teknologi mutakhir, termasuk beragam fitur keselamatan dan bantuan pengemudi yang canggih. Inster dilengkapi pencahayaan ambient LED 64 warna, cluster digital, sunroof sekali sentuh, dan aksesibilitas Hyundai Digital Key 2 Touch (NFC).

EV perkotaan sub-kompak segmen A dari Hyundai ini menawarkan paket teknologi terlengkap di segmennya, termasuk fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang komprehensif seperti Surround View Monitor (SVM), Parking Collision-Avoidance Assist Rear (PCA-R) ), Monitor Tampilan Titik Buta (BVM) dan Bantuan Penghindaran Tabrakan Depan 1.5 (FCA 1.5).

Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA) juga ditawarkan, ditambah Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Safety Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) dengan Stop and Go, Highway Driving Assist 1.5 (HDA 1.5), Intelligent Speed Limit Assist (ISLA), Driver Attention Warning (DAW), High Beam Assist (HBA), Leading Vehicle Departure Alert (LVDA) dan Rear Occupant Alert (ROA).

Ada juga sistem parkir ADAS yang menggabungkan Parking Distance Warning (PDW) depan dan belakang dengan Rear-View Monitor (RVM).

Perkiraan Harga

Hyundai di Korea belum merilis harga resmi dari model ini. Kabarnya, Hyundai Inster akan dijual di bawah 25.000 euro (Rp 439 juta) di Eropa.

Hyundai akan meluncurkan mobil ini di Korea pada tengah tahun ini dan menyebarnya ke pasar Eropa, Timur Tengah, dan Asia Pasifik pada waktunya.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version