Jumat, Oktober 18


Jakarta

Toyota Alphard berpelat AD 1 JKW disiapkan untuk mengantar Presiden Joko Widodo pulang ke Solo. Segini harga MPV premium berpelat AD 1 JKW itu.

Istana sudah menyiapkan mobil untuk mengakomodir kepulangan Presiden Joko Widodo usai pensiun menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia. Mobil yang disiapkan berupa Toyota Alphard berpelat AD 1 JKW.

“Iya, untuk rencana Pak Presiden,” kata Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan di Kantor Setneg, dikutip detikNews.


“Dan yang kedua adalah mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario ya,” lanjut Ari.

Skenario yang disiapkan yakni melalui jalur udara dan jalur darat. Jika melalui jalan darat, Jokowi akan menggunakan mobil tersebut ke Solo. Namun jika lewat jalur udara, mobil tersebut akan mengantarkan sampai bandara. Jokowi juga tetap akan mendapat pengawalan sepanjang perjalanan pulang ke Solo.

Spesifikasi Toyota Alphard

Adapun mobil yang disediakan Istana itu tergolong MPV premium. Toyota Alphard berpelat AD 1 JKW itu merupakan model terbaru yang dirilis pada pameran GIIAS 2023. Toyota Alphard generasi terbaru ini menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture (TNGA). Toyota Alphard terbaru diklaim lebih nyaman. Toyota membuat Alphard generasi terbaru dengan fokus kepada pengurangan noise vibration harsh (NVH).

Dimensinya kini punya panjang 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Jarak sandaran seluruh baris bangku kini 2.205 mm. Dimensi itu menambah ruang kaki penumpang, jarak sandaran bangku baris depan dan kedua mencapai 1.315 mm.

Toyota Alphard terbaru yang dijual di Indonesia hadir dengan opsi mesin bensin dan hybrid. Alphard versi bensin mengusung mesin 2.5L berkode 2AR-FE yang dipasangkan dengan transmisi Super CVT-i. Berbekal mesin itu, Alphard bisa menyemburkan tenaga 182 PS pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm.

Sementara itu, Alphard versi hybrid menggunakan mesin A25A-FXS yang memiliki tenaga 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi 236 Nm pada rentang 4.300-4.500 rpm. Baik versi bensin maupun hybrid, Alphard dijual dengan pilihan transmisi CVT.

Untuk penunjang keselamatan, Toyota Alphard dibekali Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Di dalam paket itu terdapat Pre Collision System (PCS) untuk mencegah mobil menabrak dari belakang,Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) yang menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol,Lane Departure Assist (LDA) untuk mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya,Lane Tracing Assist (LTA) yang membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya,Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari, dan yang paling baru Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

Pelat mobil AD 1 JKW Foto: Screenshot New Sakpole
Pelat mobil AD 1 JKW Foto: Screenshot New Sakpole

Harga Toyota Alphard

Soal harga, Toyota Alphard terbaru dibanderol mulai Rp 1.407.300.000 hingga yang termahal Rp 1.714.300.000. Terkait Alphard berpelat AD 1 JKW berkelir hitam itu tak diketahui model pastinya. Ditelusuri detikOto dalam aplikasi New Sakpole, untuk pelat AD 1 JKW tertulis ‘Data Kendaraan Bermotor Tidak Ditemukan’.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version